Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Melalaui JAMKESMAS Di Kabupaten Buleleng (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng)

Putra, Rezza Fahlevy Syaifullah (2015) Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Melalaui JAMKESMAS Di Kabupaten Buleleng (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan masuk pada ranah kajian administrasi publik. Pada praktiknya baik pelayanan kesehatan dan administrasi publik itu sendiri sama-sama terfokus pada urusan publik. Jika diambil satu urusan publik yang ada saat ini masih menjadi kajian baik akademisi maupun praktisi adalah kesehatan masyarakat yang sebagian besar terkatagori pada masyarakat kurang mampu (miskin). Di tengah masyarakat pelayanan kesehatan dirasa masih terpaku pada mekanisme pelayanan yang seakan mengenyampingkan masyarakat sebagai penerima layanan. Pada praktiknya, banyak ditemukan kesenjangan (gap) antara harapan masyarakat miskin dan pelayanan kesehatan itu sendiri, sehingga perlu dilakukan kajian. Namun, kajian tentang pelayanan kesehatan sendiri masih sangat minim sehubungan dengan penanganan dan keinginan masyarakat miskin untuk merasakan pelayana kesehatan yang setara dengan masyarakat lain. Penelitian ini melihat hal tersebut dengan berbagai faktor seperti waktu pelayanan yang lama, prosedur yang sangat panjang, kemampuan tenaga pelayanan, sarana-prasarana yang kurang dan biaya yang relatif tidak sedikit. Guna membahas permasalahan tersebut, penelitian ini membutuhkan bantuan teori tentang administrasi publik, pelayanan publik dan pelayanan kesehatan, ukuran dan standarisasi pelayanan kesehatan serta teori tentang kemiskinan seperti ruang lingkup kajian administrasi publik itu sendiri. Guna menunjang penelitian ini diambil sebuah metode penelitian, yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode analisis data milik Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan sebuah pemahaman penting tentang pelayanan kesehatan di daerah Bali Utara, yaitu di RSUD Kabupeten Buleleng. Pelayanan kesehatan yang dilakukan RSUD Kabupaten Buleleng melalui layanan JAMKESMAS dapat dikatakan telah memenuhi standarisasi pelayanan publik yaitu: prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan serta kompetensi tenaga pelayanan. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan berupa fasilitas peralatan medis spesialis. Kelemahan yang juga menjadi penghambat pelayanan kesehatan tersebut juga berasal dari kurangnya jumlah dokter spesialis dan tenaga keperawatan. Namun, guna pemenuhan harapan masyarakat tersebut, RSUD Kabupaten Buleleng mengambil sikap merujuk pasien pada rumah sakit daerah dengan fasilitas yang dibutuhkan pasien. Sehingga, masyarakat tidak merasa diterlantarkan dan tidak mendapat pelayanan yang maksimal. iv Dengan demikian, mengaca pada permasalahan umum kesenjangan (gap) antara harapan masyarakat miskin dan pelayanan kesehatan,seyogyanya pelayanan kesehatan lain dan pemerintah baik pusat maupun daerah dapat mencontoh pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Buleleng. Dimana pandangan ini mengacu pada prinsip atau unsur pelayanan kesehatan yang ada telah memenuhi harapan masyarakat miskin.

English Abstract

Health service entered to the public administration studies. In practice both of health care and public administration equally focused on public affairs. Taken from public affairs study of academics and practitioners public health are largely focused on the poor people. health care problems it is still focused on the mechanisms of public service which seemed to rule out the the people as a recipient of services. the poor being the only part that is necessary to get the same special place with a rich community.In practice, many find the gaps (gap) between the expectations of the poor and the health service itself, so it needs to be examined.However, studies on the health service itself is still very low in relation to the handling the poor people's desire to feel the ministry of health which is equivalent to other communities. The research looked at it with a variety of factors such as long service time, a very long procedure, the ability of service personnel, infrastructure less and costs relatively little. To discuss these issues, this study needs help theory of public administration, public services and health care, the size and standardization of health services as well as the theory of poverty such as the fields of public administration itself. To support this research is taken a method of research, namely the descriptive research method with qualitative approach that uses data analysis method belongs to Miles and Huberman. This research resulted in an important insight into health services in North Bali, namely in hospitals district, Buleleng. Hospital medical services performed Buleleng through JAMKESMAS service can be said to have met the standardization of public services, namely: service procedures, service time, the cost of services, facilities and infrastructure services and competence of service. Nevertheless, there is still a shortage of facilities in the form of specialist medical equipment. The weakness is also a barrier to health care is also derived from the shortage of specialists and nursing staff. However, in order to meet the expectations of the community, hospitals Buleleng take a position to refer patients to the hospital area with the necessary facilities patient. Thus, people do not feel ignore and not getting maximum service. Thus, referring to the general problem of the gap between the expectations of the poor and health services,another health services,central and local governments can adopt health services in hospitals Buleleng. Where this view refers to the principle or element of the health service has met the expectations of the poor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1071/051711735
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services > 353.68 Health care facilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Dec 2017 00:56
Last Modified: 29 Dec 2020 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6807
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item