Fraud Dan Pencegahannya Berdasarkan Persepsi Manajemen Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam Nasari Malang)

Dewangga, Archaitra Imantaka (2017) Fraud Dan Pencegahannya Berdasarkan Persepsi Manajemen Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam Nasari Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemahaman yang baik mengenai fraud dan pencegahannya merupakan langkah awal dalam melindungi sebuah organisasi dari dampak yang ditimbulkan oleh fraud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman para manajemen koperasi simpan pinjam Nasari Malang terhadap fraud beserta pencegahannya sebagai upaya dalam melindungi koperasi simpan pinjam Nasari Malang dari tindakan fraud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penggunaan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) untuk mendapatkan persepsi dan pemahaman dari para informan terkait fraud dan pencegahannya. Informan dari penelitian ini adalah pihak pembuat serta pihak yang bertanggung jawab atas laporan keuangan dari manajemen koperasi simpan pinjam Nasari Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman manajemen koperasi simpan pinjam Nasari mengenai fraud sudah dapat dikatakan cukup baik, namun dalam pemahaman mereka mengenai pencegahan dan pendeteksian fraud masih belum dapat dikatakan baik. Kurangnya pemahaman dalam pencegahan dan pendeteksian fraud bisa menjadi sebuah celah bagi tindakan fraud yang membahayakan.

English Abstract

A good knowledge about the fraud and prevention could be a first step to protect an organization from the fraud impact. This study aimed to understand the perception of Malang-branch Nasari credit union managements about fraud and the prevention as an effort to protect the union from the acts of fraud. This study used the qualitative method with in-depth interview to collect the perception and knowledge from the interviewees about the fraud and prevention. The interviewees of this studied are the party who make and responsible for the financial statements in Nasari credit unions Malang-branch. The result of this study showed that the Nasari credit union management in Malang-branch quiet understanding about fraud, however the management knowledge about prevention and detection of the fraud are still poor. This lack of knowledge about prevention and detection of the fraud could be a crack to acts of fraud.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/598/051710573
Uncontrolled Keywords: fraud, pencegahan fraud, koperasi simpan pinjam, koperasi, manajemen koperasi simpan pinjam, manajemen, Perception, fraud, fraud prevention, credit union, cooperation, credit union mangement, management.
Subjects: 300 Social sciences > 364 Criminology > 364.1 Criminal offenses > 364.16 Offenses against property > 364.163 Fraud
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:23
Last Modified: 27 Oct 2020 15:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6761
[thumbnail of Archaitra Imantaka Dewangga.pdf]
Preview
Text
Archaitra Imantaka Dewangga.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item