Analisis Pengaruh Pengalaman Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Coffee Toffee Malang)

Adi, Faris Rakha (2017) Analisis Pengaruh Pengalaman Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Coffee Toffee Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Pengalaman Pemasaran melalui dimensi yang ada yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate serta Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Coffee Toffee Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel yang ada melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel responden sebanyak 220 orang yang telah melakukan transaksi lebih dari dua kali dan berumur di atas 18 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probability sampling. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t atau nilai t-statistic. Alat analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dan dibantu dengan software SmartPLS 3.0. Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah empat dimensi Pengalaman Pemasaran yaitu Sense, Feel, Think, dan Act memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Sense menjadi dimensi yang dominan dan Relate tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif. Empat dimensi pada Pengalaman Pemasaran yaitu Sense, Think, Act, dan Relate memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Relate menjadi dimensi yang dominan dan Sense tidak memiliki pengaruh yang signifikan positif. Nilai thitung pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan mencapai 1.972. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan.

English Abstract

This research aimed to determine the influence of Experiential Marketing through existing dimensions, which are sense, feel, think, act, and relate, also Customer’s Satisfaction towards Customer’s Loyalty in Coffee Toffee Malang. This research is an explanatory research which explains the causal relation between existing variables through hypothesis testing. The sample respondents of this research consist of 220 people who had done at least 2 transactions and aged 18 or above. The sampling technique used is the non-probability sampling technique. The hypothesis testing is done by t-test or t-statistic value. Data analysis tool used is Partial Least Square (PLS), assisted by SmartPLS 3.0. The result of this research is that four of the dimensions of Experiential Marketing, which are sense, feel, think, and act, have positive and significant effect on Customer’s Satisfaction with sense being the dominant dimension, and relate being the least significant influence. Four of the dimensions of Experiential Marketing, which are sense, think, act, and relate have positive and significant effect towards Customer’s Loyalty with relate being the dominant dimension and sense being the least significant influence on Customer’s Loyalty. The tvalue of the influence of Customer’s Satisfaction towards Customer’s Loyalty reaches 1,972. This value shows that Customer’s Satisfaction significantly and positively influences Customer’s Loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/555/051710530
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Coffee Toffee Malang, Experiential Marketing, Customer’s Satisfaction, Customer’s Loyalty, Coffee Toffee Malang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Dec 2017 01:15
Last Modified: 30 Sep 2020 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6727
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item