Analisis Willingness To Pay Pengunjung Terhadap Paket Wisata Umum Di Kampung Ekologi Batu Into Green, Kelurahan Temas, Kota Batu

Ayuningtyas, Herdina (2017) Analisis Willingness To Pay Pengunjung Terhadap Paket Wisata Umum Di Kampung Ekologi Batu Into Green, Kelurahan Temas, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung Ekologi Batu Into Green (KEBIG) merupakan sebuah kampung wisata yang berada di RW.06, Dusun Besul, Kelurahan Temas, Kota Batu. Kampung wisata yang berdiri atas kegiatan pembangunan daerah dan pemberdayaan masayarakat tersebut, dikelola oleh seluruh elemen masyarakat di dusun tersebut.Terdapat beberapa kegiatan dan fasilitas warga yang disajikan sebagai sebuah objek dalam pelaksanaan kampung wisata di KEBIG.Kegiatan wisata yang terdapat di KEBIG ini ditawarkan dalam sebuah paket wisata.Namun sayangnya, hingga saat ini paket wisata yang tersedia hanya untuk pengunjung murid TK dan SD, sedangkan untuk pengunjung umum masih belum tersedia. Banyaknya permintaan akan wisata dari pengunjung umum menyebabkan pengurus membuat sebuah paket wisata untuk pengunjung umum. Sebelum paket tersebut diterapkan, perlu dilakukannya perhitungan mengenai kesediaan membayar pengunjung terhadap nilai barang dan jasa lingkungan yang terdapat dalam satu paket wisata tersebut serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Sehingga nilai kesediaan membayar atau Willingness to Pay (WTP) ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan harga paket wisata. Metode yang digunakan untuk mengetahui nilai WTP ini adalah Contingent Valuation Method (CVM). Metode ini dilakukan dengan cara membuat pasar hipotetik berupa rangkaian kegiatan paket wisata serta barang dan jasa lingkungan apa yang didapatkan dari paket wisata tersebut. Selanjutnya dilakukan penentuan nilai tawaran dengan metode elisitasi Bidding Game. Terakhir adalah perhitungan Estimate Willingness to Pay (WTP) atau dugaan rata-rata nilai WTP. Sedangkan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar pengunjung adalah menggunakan analisis regresi logistik dengan variabel dependen berupa nilai 1 untuk bersedia membayar dan nilai 0 untuk tidak bersedia membayar. Variabel independen yang diduga berpengaruh adalah usia, jenis kelamin, pedidikan, pendapatan, dan tempat tinggal responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 responden, terdapat 30 orang yang menyatakan bersedia membayar paket wisata tersebut. Nilai WTP yang bersedia dibayarkan oleh responden terhadap barang dan jasa lingkungan yang dalam paket wisata tersebut sebesar Rp22.167. Sedangkan faktor yang signifikan mempengaruhi kesediaan membayar pengunjung terhadap barang dan jasa lingkungan dalam paket wisata tersebut adalah pendidikan, tempat tinggal, dan jenis kelamin. Responden dengan pendidikan lebih tinggi akan lebih bersedia membayar paket wisata ini dengan nilai signifikansi 0,026. Variabel tempat tinggal memiliki nilai signifikansi 0,053 dan responden yang bertempat tinggal di Kota Batu lebih bersedia membayar dibandingkan dengan yang bertempat tinggal di luar Kota Batu.Sedangkan variabel jenis kelamin dengan nilai signifikansi 0,138, responden perempuan lebih bersedia membayar untuk paket wisata ini.

English Abstract

Kampung Ekologi Batu Into Green (KEBIG) is a rural tourism that located in RW.06, Temas Village, Batu City. Rural tourism that stands on regional development activities and community empowerment, managed by all elements of society in that location. There are several activities and facilities of the citizens that are presented as an object in the implementation of rural tourism in KEBIG. Tourism activities that contained in KEBIG are offered in a tour package. But unfortunately, until now availability of the tour package is only for kindergarten and elementary school students, while for general visitors, it is still not available. The large number of requests for tourism from public visitors caused administrators to make a tour package for public visitors. Before the package is implemented, it is necessary to calculate the willingness to pay of visitors for value of environmental goods and services contained in the package tour and what factors that influence it. So that later, the value of Willingness to Pay (WTP) can be used as a material consideration to determine price of the tour package. Contingent Valuation Method(CVM) is the method to determine the value of WTP. This method is done by creating a hypothetical market in the form of a series of tour package activities as well as what environmental goods and services that are provided from the tour package. Furthermore, the determination of bid value is done by Bidding Game method elicitation. The last is the calculationof Estimate Willingness to Pay (WTP) or the estimated average value of WTP. Meanwhile, to determine the factors that affect the willingness to pay visitors, logistic regression analysis is used with dependent variable in the form of value 1 to represent willingness to pay and value 0 for not willing to pay. Independent variables that are expected to influence are age, sex, education, income, and residence of respondents. The results of this study indicates that from 40 respondents, there are 30 people who stated their will to pay the tour package. The value of the WTP that agreed paid by the respondent to the environmental goods and services contained in the tour package amounted to Rp22,167. While the significant factors affecting the willingness to pay visitors to goods and services environment in the tour package is education, residence, and gender. Respondents with higher education will be more willing to pay this tour package with a significance value of 0.026. Residential variable has a significance value of 0.053 and respondents who live in Batu City are more willing to pay compared with those who live outside Batu City. While the gender variables with a significance value of 0.138, female respondents are more willing to pay for this tour package.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/685/051710900
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:44
Last Modified: 08 Oct 2020 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6661
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item