Evaluasi Proses Kampanye Komunikasi “Stop! Kekerasan Seksual terhadap Anak” (Studi Kasus pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB (DP3AP2KB) Kota Batu Periode 2014-2017)

Tambunan, Rumarta Cessilia R. (2017) Evaluasi Proses Kampanye Komunikasi “Stop! Kekerasan Seksual terhadap Anak” (Studi Kasus pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB (DP3AP2KB) Kota Batu Periode 2014-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang kampanye komunikasi “Stop! Kekerasan Seksual terhadap Anak” yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Kota Batu sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap anak di Kota Batu. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya peningkatan jumlah laporan mengenai kasus kekerasan seksual di Kota Batu sejak tahun 2014 hingga tahun 2016 meskipun DP3AP2KB, yang merupakan lembaga pemerintahan Kota Batu, telah melaksanakan kampanye yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap anak di Kota Batu tersebut sejak tahun 2014 sampai tahun 2017. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan evaluasi proses pada kampanye komunikasi “Stop Kekerasan Seksual terhadap Anak” sejak tahun 2014 hingga 2017. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu sejak tahun 2014 sampai tahun 2017, terdapat usaha dari DP3AP2KB untuk meningkatkan kampanye baik melalui distribusi pesan, pemilihan tempat pelaksanaan serta media dalam menyampaikan pesan, serta usaha untuk menerpa lebih banyak target sasaran dengan karakteristik yang lebih beragam setiap tahunnya. Pada tahun 2014, kegiatan pendistribusian pesan yang dilakukan hanya melalui kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah, desa-desa, dan organisasi organisasi di Kota Batu yang dapat menyasar sekitar lima puluh sampai seratus orang, melalui televisi lokal, dan kampanye terbuka yang diadakan di dalam Gedung Beji Art Center yang dapat menyasar sekitar tiga ratus sampai lima ratus orang. Pada tahun 2014, kampanye mampu menerpa hampir seluruh karakteristik target audiens DP3AP2KB kecuali petani. Sedangkan pada tahun 2015, penggunaan media ditingkatkan melalui radio lokal dan pendistribusian brosur melalui PKK. Radio lokal yang biasanya didengarkan oleh petani menyebabkan pesan mampu mendistribusikan pesan secara spesifik kepada petani pada tahun ini. Pada tahun 2016, usaha meningkatkan kampanye dapat dilihat dari pemilihan penempatan aktivitas kampanye terbuka. Pada tahun ini kampanye terbuka diadakan di dalam gedung dan di luar gedung. Pemilihan tempat dalam kampanye ini menyebabkan lebih dari seribu orang dapat terpapar pesan kampanye. Kegiatan kampanye terbuka juga ditingkatkan dengan menyebarkan media cetak berupa stiker dan poster yang digunakan agar pendistribusian pesan di luar ruangan dapat lebih efektif. Pada tahun 2017, usaha untuk meningkatkan kampanye dilakukan dengan kampanye terbuka yang diadakan empat kali dalam satu bulan dan diadakan di pusat-pusat Kota Batu serta dalam mendistribusikan pesan pada tahun ini, DP3AP2KB juga memanfaatkan media instagram FA. Sayangnya dalam mendistribusikan pesan kampanye, DP3AP2KB tidak melakukan identifikasi terhadap pesan maupun target audiens, sehingga pesan yang didistribusikan tidak efektif karena bersifat terlalu umum.

English Abstract

The research is about communication campaign "Stop! Kekerasan Seksual terhadap Anak" conducted by Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Batu City as an effort to prevent sexual abuse for children in Batu City. The background of this study is an increase in number of reports on cases of sexual violence in Kota Batu since 2014 until 2016 although DP3AP2KB, which is a government agency in Batu City, has implemented a campaign that aimed to prevent the occurrence of sexual violence against children in Batu City since 2014 until 2017. Therefore, this study will evaluate the process of "Stop Kekerasan Seksual terhadap Anak" communication campaign from 2014 to 2017. This research method use case study. The result of this research is from 2014 until 2017, there is an effort from DP3AP2KB to improve campaign through message distribution, selection of campaign’s place, media usage to deliver messages, and also effort to expose more target audiences in vary characteristics every year. It can be seen in 2014 that message distribution activities are conducted only through socialization activities to schools, villages and organizations in Batu City that can target about fifty to a hundred people, through local television, and “Kampanye Terbuka” held in the Beji Art Center Building that can target around three hundred to five hundred people. In 2014, the campaign was able to expose almost all the characteristics target audienceof DP3AP2KB except the farmers. While in 2015, DP3AP2KB increase media usage through local radio and brochure’s distribution by PKK. Local radio that is usually heard by farmers led messages can be the same message to farmers this year. Local radio cause messages of campaign can be distribute specifically to the farmers. In 2016, efforts to improve campaigns can be seen from the execution campaign’s place where held either indoor or outdoor. The choice of places in this campaign cause more than a hundred people could be exposed by campaign messages. In order to distribute messages effectively in “Kampanye Terbuka”, stickers and posters are used. In order to improve the campaign in 2017, “Kampanye Terbuka” activities held four times in one month which is placed in many central places at Batu City and used instagram Forum Anak to distributed messages of campaign. Unfortunately, DP3AP2KB did not identified both messages and target audiences. Hence, messages that are distributed by them is too general and not effective to specific target audiences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1040/051712111
Uncontrolled Keywords: Kampanye Komunikasi, Evaluasi Proses, Studi Kasus.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.7 Young people > 362.76 Abused and neglected young people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Dec 2017 06:46
Last Modified: 05 Nov 2020 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6639
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item