Kusuma, Firdaus Miftakh (2017) Analisis Monitoring Dan Tracking Kapal Perikanan Dengan Menggunakan VMS (Vessel Monitoring System) Di RMC Pangkalan PSDKP Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan potensi yang besar dan dapat dioptimalkan pengelolaannya demi mewujudkan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan. Kegiatan pemantauan akan digunakan dalam pengawasan terhadap sumberdaya perikanan untuk mencegah IUU (Illegal,Unreported,Unregulated) Fishing. Penggunaan VMS (Vessel Monitoring System) umumnya digunakan untuk melacak lokasi dan pergerakan kapal untuk pengawasan perikanan dan pengendalian hukum. VMS (Vessel Monitoring System) dapat memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung untuk efisiensi manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan VMS dan menganalisis pergerakan dan pelanggaran operasional kapal perikanan berdasarkan data tracking VMS. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Pangkalan PSDKP Jakarta Utara pada bulan Januari-April. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dari hasil monitoring dan tracking menunjukan bahwa pelanggaran pada pemantauan VMS adalah DPI (Daerah Penangkapan Ikan), pelabuhan, alat tangkap, keaktifan VMS, transshipment. Pada indikasi DPI (Daerah Penangkapan Ikan), kapal melakukan pergerakan yang melanggar jalur izin yang tidak sesuai perizinan. Pada indikasi pelabuhan tidak ditemukan. Pada indikasi alat tangkap didapatkan pergerakan tracking kapal longline, rawai tuna, purse seine dan bouke ami. Kapal longline dan kapal rawai tuna cenderung melakukan pergerakan dengan garis lurus pada saat operasional penangkapan dengan kecepatan >4 knot. Pada kapal purse seine pelagis kecil dan purse seine pelagis besar melakukan pergerakan dengan pola garis yang melingkar pada saat pengoperasian penangkapan. Pada kapal bouke ami tidak mempunyai pola pergerakan dengan kecepatan 0-1 knot pada saat operasional penangkapan. Pada indikasi keaktifan VMS, kapal tidak memiliki garis pergerakan. Pada indikasi transshipment, kapal akan bergerak diam dengan pergerakan 0-1 knot dan selalu sejajar dengan kapal dengan waktu yang lama.
English Abstract
Potential marine and fishery resources owned by the Indonesian nation is a great potential and can be optimized for the sake of management to realize the sustainability of marine and fishery resources. Monitoring activities will be used in the supervision of fishery resources for prevent IUU (Illegal, Unreported, Unregulated) Fishing. Use of VMS (Vessel Monitoring System) is generally used to track the location and movement of ships for fishery control and legal control. VMS (Vessel Monitoring System) can provide benefits either directly or indirectly to efficiency management. The purpose of this research is to know the use of VMS and analyzing the movement and operational violations of fishing vessels on the basis of data tracking VMS. This research activity was carried out at Pangkalan PSDKP Jakarta North in January-April. The method used is qualitative method descriptive. From the results of monitoring and tracking shows that the violation on VMS monitoring is DPI (Fishing Area), port, fishing gear, liveliness of VMS, transshipment. In the indication of DPI (Fishing Area), the ship perform movements that violate permit lines that are not licensed. On no port indication found. The indication of fishing gear is obtained movement of longline ship tracking, tuna rawai, purse seine and bouke ami. Ship longline and tuna longline liners tend to move in a straight line during capture operation with speed> 4 knots. On a purse ship small pelagic seine and a large pelagic pelse seal do the movement with the pattern a circular line during the operation of the capture. On bouke ami ship does not have a movement pattern with a speed of 0-1 knots at the time of operation arrest. In the VMS activation indication, the ship has no line of movement. On the indication of transshipment, the ship will move still with the movement of 0-1 knots and always parallel with the ship for a long time.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/440/051706529 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.1 Ports > 387.16 Activities and services > 387.166 Operational services |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 03:19 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 07:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6618 |
Preview |
Text
135080207111007_COVER + DAFTAR ISI.pdf Download (803kB) | Preview |
Preview |
Text
135080207111007_BAB 1.pdf Download (565kB) | Preview |
Preview |
Text
135080207111007_BAB 2.pdf Download (661kB) | Preview |
Preview |
Text
135080207111007_BAB 3.pdf Download (591kB) | Preview |
Preview |
Text
135080207111007_BAB 4.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
135080207111007_BAB 5.pdf Download (540kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |