Inovasi Dalam Proses Penyusunan Standar Operasional Prosedur (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar)

Debyasari, Amanda Rachma (2017) Inovasi Dalam Proses Penyusunan Standar Operasional Prosedur (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang Selanjutnya disebut DPMPTSP merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan daerah dibidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu serta tugas bantuan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalu Sekretaris Daerah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh fokus penelitian yaitu Inovasi dalam proses penyusunan SOP di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar yang mana di dalamnya meliputi (1) Proses Penyusunan Standar Operasional Prosedur (2) Pelaksanaan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (3) Hubungan Kerjasama dengan Pihak Ketiga Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hubungan kerjasama dengan pihak ketiga yang dilakukan oleh DPMPTSP salah satunya yaitu dalam penyusunan SOP seperti melakukan beberapa koordinasi dalam penyusunan serta melakukan koreksi berdasarkan teori-teori yang sudah ada untuk di praktekkan dalam melaksanakan kegiatan. Dengan adanya kerjasama dengan pihak ketiga itu sendiri dapat menghadirkan inovasi baru dalam penyusunan SOP sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Pihak DPMPTSP sebagai penyelenggara dalam proses penyusunan SOP seharusnya lebih lebih memperhitungkan mengenai jarak antara kantor DPMPTS sebagai penyelenggara dengan pihak ketiga sebagai rekan kerjasama dalam penyusunan SOP agar jarak tempuh yang dibutuhkan tidak terlampau jauh yang mana nantinya pihak DPMPTSP lebih mudah untuk mengadakan pertemuan atau konsolidasi data terhadap pihak ketiga terkait penyusunan SOP. Selain mempertimbangkan masalah jarak, sebaiknya untuk kedua belah pihak lebih memperhatikan masalah waktu yang sudah disepakati diawal sehingga proses penyusunan SOP bisa selesai dengan tepat waktu.

English Abstract

One-door integrated Service and Capital Investment agency is the executor of local government affairs in the field of integrated service and capital investment as well as aids (tutorial duties). One-door Integrated Service and Capital Investment is headed by the Chief of the Department who is under and responsible to the Regent through Regional Secretary. This research is descriptive studies with qualitative approach and its focal research limitation is on the innovation in the process of preparing/setting up Standard Operational Procedure in One-door Integrated Service and Capital Investment Department of Blitar Regency that includes of (1) Drafting Standard Operational Procedure Process (2) The implementation of Standard Operational Procedure setup (3) Partnership with third parties Based on the result of the conducted research, the cooperation with third party that have been done by DPMPTSP in which one of them is in setting up SOP such as doing some coordination in the preparation as well as making corrections based on the existing theories to practice in carrying out the activities. Doing cooperation with the third party itself could bring new innovation in the preparation of SOP, so it can improve the quality of the service. DPMPTSP as the organizer/coordinator in the process of setting up/preparing the Standard Operational Procedure should consider the distance between DPMPTSP office as the organizer and the third party as the partner in setting up/preparing SOP, so the distance to reach is not too far that will make DPMPTSP much easier to meet up and to do data consolidation to the third party in relation with setting up SOP. In addition to considering the issue of distance, preferably for both parties paying more attention to the problem of the time that has been agreed in advance so that the process of preparation of the SOP could be completed on time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1069/051711514
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Standar Operasional Prosedur, peningkatan pelayanan
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.48 Budgeting
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2017 07:13
Last Modified: 11 Oct 2020 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6545
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item