Asma’urrahman, Nailurriza (2017) Kemampuan Literasi Informasi Guru (Studi di SDN Wonoasih II Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Guru mempunyai tugas penting untuk meningkatkan mutu belajar mengajar di sekolah. Agar tugas dan tujuan guru dapat tercapai dengan baik, maka seorang guru harus mempunyai kemampuan literasi informasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis langkah-langkah guru dalam meningkatkan kemampuan literasi informasi, serta kemampuan literasi informasi guru SDN Wonoasih II, dan hambatan guru dalam menyampaikan literasi informasi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Literasi informasi dalam penelitian ini dilihat dari tujuh komponen yaitu, perumusan masalah, mengidentifikasi dan mengakses informasi, mengevaluasi informasi, menggunakan informasi, menciptakan karya, mengevaluasi karya, dan menarik pelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif Miles, Hubermen, dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum literasi informasi yang dilakukan guru SDN Wonoasih II Kota Probolinggo adalah perumusan masalah (menentukan kebutuhan informasi), mengidentifikasi dan akses informasi, mengevaluasi informasi, menggunakan informasi, dan menarik pelajaran. Dari segi kebutuhan informasi guru SDN Wonoasih II sudah baik, hal ini dikarenakan para guru dapat menyesuaikan dengan tugas yang dijalani sebagai seorang guru. Selanjutnya identifikasi dan akses informasi, kemampuan guru dalam hal ini perlu dikembangkan lagi. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut para guru untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan dalam menelusur informasi, di antaranya dapat menggunakan boolean operators, tanda kutip (“), dan pemotongan kata. Kemudian penggunaan informasi guru sudah baik, para guru sudah membuat pencatatan yang efisien, dan penyimpanan informasi yang baik yaitu menyimpan informasi berdasarkan topik. Namun, di samping itu terdapat beberapa indikator yang perlu guru SDN Wonoasih II kembangkan dan juga beberapa indikator yang belum dilakukan. Beberapa indikator yang belum dilakukan adalah oleh sebagian besar informan adalah kemampuan menciptakan karya dan mengevaluasi karya.
English Abstract
Teachers have important roles to increase learning quality at school. In order to make teachers’ tasks and purposes achieved well, the teachers should have good information literacy capability. Purposes of this study are to know, to describe, and to analyze the steps of teachers in enhancing information literacy, information literacy capability of teachers in SDN Wonoasih II, and the obstacles teachers in delivering information literacy. This study used descriptive study with qualitative approach. Information literacy in this study is viewed from seven components, they are formulation of problem, identifying and accessing information, evaluating, using information, creating works, evaluating works, and making inference. Data analysis used in this study is Miles, Hubermen, and Saldana interactive data analysis, it is data collection, data condensation, data presentation, and deduction. Result of this study shows that generally, information literacy conducted by teachers in SDN Wonoasih II Probolinggo is formulating the problems (determining information need), identifying and accessing information, evaluating information, using information, and making inference. From information needs the teachers in SDN Wonoasih II is good. It is because the teachers can adapt it with their tasks as teacher. Furthermore, identification and access to information, teachers’ capability in this case needs to be developed more. It caused by the rapid development of information that demands teachers to be more depth in tracing information, which among other things can use Boolean operators, quotation mark (“), and apocope. Furthermore, in the use of information the teachers are good and they have efficient notes, and good information storage that filing information based on the topic. Yet, moreover, there are indicators that teachers of SDN Wonoasih II need to be developed and also there are indicators have not conducted yet. Indicators that were not conducted by the most of informants are the capability to create works and to evaluate works.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1129/051712148 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Informasi, Guru, Probolinggo |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 028 Reading and use of other information media > 028.7 Use of books and other information media as sources of information |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 04:33 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6532 |
Text
NAILURRIZA ASMA’URRAHMAN.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |