Analisa Penetapan Harga Jual Berdasarkan Perhitungan Harga Pokok Produksi (Studi Kasus Pada Umkm Blackpink Apparel Malang)

Faqih, Muhammad Ilmam (2017) Analisa Penetapan Harga Jual Berdasarkan Perhitungan Harga Pokok Produksi (Studi Kasus Pada Umkm Blackpink Apparel Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting untuk mengembangkan kegiatan perekenomian suatu negara. Namun dalam perkembangannya UMKM mengalami kesulitan untuk tetap bertahan menghadapi persaingan usaha. Seperti yang terjadi di salah satu UMKM kota Malang yaitu Blackpink Apparel yang mengalami kesulitan untuk berkembang dikarenakan minimnya sumber daya manusia yang terampil dalam bidang akuntansi dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana Blackpink Apparel dalam menentukan harga jual dan harga pokok produksi serta memberikan rekomendasi perhitungan yang sesuai dengan ilmu akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blackpink Apparel dalam menentukan harga pokok produksi masih belum maksimal dikarenakan adanya biaya-biaya produksi yang seharusnya dipertimbangkan namun tidak diperhitungkan. Sehingga, harga jual produk yang ditentukan terlalu rendah dari yang seharusnya yang berakibat pada menurunnya laba yang dapat diperoleh. Oleh karena itu, perbaikan metode perhitungan harga pokok produksi pada Blackpink Apparel akan sangat berguna dalam penentuan harga jual produk dan penentuan laba yang diharapkan.

English Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important role in developing economic activities of a country. However, in their development, they are experiencing difficulties to survive in business competition. The problem also hampers Blackpink Apparel, one of MSMEs in Malang, because the company is short in skilled human resources in accounting and finance. This study aims to evaluate the determination of selling price and the calculation of cost of goods manufactured applied by Blackpink Apparel. This study also tries to provide recommendations for the company in making calculations based on the correct accounting principles. This descriptive qualitative research uses case study approach. The data of this study are primary and secondary data, which were collected through interviews, documentations, literature research. The results of this study show that the calculation cost of goods manufactured carried out by Blackpink Apparel is inappropriate because there are production costs that are not included in the calculation. It makes the selling price too low, resulting in a decrease in profit. Therefore, improvement in the calculation of cost of goods manufactured in Blackpink Apparel will be very useful in determining appropriate selling price and in determining expected profit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/654/051710629
Uncontrolled Keywords: UMKM, Biaya Produksi, Harga Pokok Produksi, Harga Jual, MSMEs, Production Cost, Cost of Goods Manufactured, Selling Price
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.151 Financial control > 658.151 1 Managerial accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Dec 2017 02:18
Last Modified: 16 Nov 2020 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6496
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item