Penerapan Strategi Pemasaran Industri Kreatif Batik Jember Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Rumah Batik Rolla Kabupaten Jember)

Farizi, Achmad (2017) Penerapan Strategi Pemasaran Industri Kreatif Batik Jember Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Rumah Batik Rolla Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan strategi pemasaran yang telah diterapkan Rumah Batik Rolla. Dengan memahami dan menganalisis strategi yang diterapkan Rumah Batik Rolla dapat diketahui strategi pemasaran yang diterapkan dapat meningkatkan daya saingnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran pada Rumah Batik Rolla. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dokumentasi, observasi, serta wawancara dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Burhan Bungin mencakup, pengumpulan data, reduksi data, display data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran pada Rumah Batik Rolla dapat meningkatkan daya saingnya, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan permintaan akan produk yang berkelanjutan serta omzet penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

English Abstract

This study aims at identifying the effectiveness of the marketing strategy that have been implemented by Rumah Batik Rolla. By understanding and analyzing the strategies applied in Rumah Batik Rolla, the conclusion whether the marketing strategy applied by the industry can improve its competitiveness can be drawn. The researcher uses a qualitative descriptive approach to describe the application of the marketing strategy of Rumah Batik Rolla. The data were collected through documentation, observation, and interviews with triangulation techniques, which were then analyzed using the procedure and techniques according to Burhan Bungin, which consist of data collection, data reduction, data display, as well as verification and affirmation of conclusions. The result of this research is that the application the marketing strategy of Rumah Batik Rolla can improve its competitiveness, evidenced by the increasing and sustainable demand for products and the increasing sales turnover from year to year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/648/051710623
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, batik, daya saing, marketing strategy, batik, competitiveness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:22
Last Modified: 05 Oct 2020 10:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6446
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item