Implementasi Program Listrik Pintar Dalam Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Sidoarjo)

Puspita, Amalia (2017) Implementasi Program Listrik Pintar Dalam Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Listrik Pintar adalah cara baru bagi konsumen dalam mengelola listrik melalui meter elektronik prabayar yang terpasang di bangunan konsumen. Program listrik pintar diluncurkan sebagai upaya PT. PLN (Persero) untuk meningkatkan pelayanan publik pada bidang kelistrikan khususnya mengatasi permasalahan yang terdapat pada program pendahulunya, yaitu Pasca Bayar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai 1) Proses Implementasi Program Listrik Pintar dalam peningkatan pelayanan publik di PT. PLN (Persero) di Sidoarjo. 2) Hasil Implementasi Program Listrik Pintar dalam peningkatan pelayanan publik di PT. PLN (Persero) di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah Sidoarjo sedangkan situs penelitiannya adalah PT. PLN (Persero) Area Sidoarjo dan PT. PLN (Persero) Rayon Sidoarjo Kota. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program Listrik Pintar yang dilaksanakan oleh PT. PLN (Persero) Area Sidoarjo baik dari segi proses maupun hasil secara garis besar sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori yang digunakan. Saran yang dapat diberikan kepada PT. PLN (Persero) Area Sidoarjo adalah membuat jadwal kegiatan secara rinci dalam jangka waktu tertentu beserta target dari adanya berbagai kegiatan yang dilakukan, melakukan rekap data dan penyimpanan file dengan baik dan rapi, meningkatkan kegiatan sosialisasi secara menyeluruh terhadap masyarakat, melakukan kegiatan evaluasi secara berkala, dan melakukan pengecekan jumlah sarana yang dibutuhkan program listrik pintar secara berkala lalu melakukan pemesanan ketika stok sudah menipis.

English Abstract

Smart Electricity is a new way for consumers to manage electricity through pre-paid electronic meters that installed in consumer premises. Smart electricity program launched as an effort of PT. PLN (Persero) to improve public services in the field of electricity in particular overcome the problems contained in predecessor program, namely Postpaid Program. The purpose of this research is to describe and analyze about 1) Implementation Process of Smart Electricity Program to improve public service at PT. PLN (Persero) in Sidoarjo. 2). Implementation Result of Smart Electricity Program to improve public service at PT. PLN (Persero) in Sidoarjo. This research uses descriptive method with qualitative approach. The location of this research is Sidoarjo while the research site is PT. PLN (Persero) Area Sidoarjo and PT. PLN (Persero) Rayon Sidoarjo City. Data collection technique is done through interview, observation, and documentation. The data analysis technique using Miles, Huberman and Saldana’s (2014) interactive model consisting of data collection, condensation the data, data presentation, and conclusions. The results of this study indicate that the Implementation of Smart Electricity Program by PT. PLN (Persero) Sidoarjo Region both in terms of of process and outline results have been running well and in accordance with the theory used. Suggestions that can be given to PT. PLN (Persero) Sidoarjo Region is to make a detailed activity schedule within a certain time period with the target of activity, recaps data and storage the file well and neatly, improve the socialization activities thoroughly to the community, conduct regular evaluation activities, and checks the number of facilities that the smart electricity program needs on a regular basis and then makes an order when the stock is running low.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/511/051706812
Uncontrolled Keywords: Program Listrik Pintar, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.4 Public administration of energy and energy-related industries > 354.49 Electricity
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:59
Last Modified: 04 Dec 2020 17:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6263
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item