Tiaraningrum, Dea (2017) Kompetensi Pustakawan Dalam Memberikan Pelayanan Prima Di Perpustakaan (Studi Pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengukur kompetensi pustakawan dalam memberikan pelayanan prima di perpustakaan. Pengukuran dalam memberikan pelayanan prima dengan menggunakan kompetensi pelayanan pengguna (competency customer service) dan kompetensi interpersonal (competency interpersonal). Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini berjumlah sembilan belas pustakawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Fokus pada penelitian adalah bagaimana kompetensi pustakawan dalam memberikan pelayanan prima di perpustakaan dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam mewujudkan pelayanan prima. Berdasarkan hasil dari analisis dan interpretasi menyatakan bahwa kompetensi pustakawan dalam memberikan pelayanan prima di perpustakaan belum terlaksana secara maksimal. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan kompetensi pustakawan dalam memberikan pelayanan. Kinerja (performance) pustakawan dalam memberikan pelayanan masih terdapat kekurangan dari segi pengetahuan yang dimiliki pustakawan, hal ini menyebabkan rendahnya inovasi-inovasi baru dari pustakawan untuk kemajuan perpustakaan khususnya pada pelayanan pengguna. Adapun saran adalah perlu adanya peningkatan kompetensi pustakawan yang memadai sesuai dengan bidang masing-masing serta ditunjang dengan sertifikasi kompetensi baik secara formal, non-formal, dan informal.
English Abstract
This research was done to understand and measure librarians competency in providing excellent service at library. The excellent service measurement using customer service competency and interpersonal competency. The research method used is descriptive research type with qualitative approach. Informants in this research is nineteen librarians. Data collection techniques used is interview. Research focuses are on how librarians competency in providing excellence service at library and obstacle’s factors in realizing excellent service. Based on the results of analysis and interpretation state that librarians competency in providing excellent service at library has not been implemented optimally. Therefore, it is necessary to improve librarians competency in providing service. The librarians’ performance in providing service is still lack in terms of knowledge, this leads to the low of librarians’ new innovations for library’s advancement especially on customer service. Suggestions are necessary to increase proper librarians competency in accordance by their respective fields and supported by certification of competence both formally and informally.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/488/051706431 |
Uncontrolled Keywords: | pustakawan, kompetensi pelayanan, pelayanan prima, perpustakaan perguruan tinggi |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 023 Personnel management (Human resource management) > 023.9 Elements of personnel management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 01:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 02:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6155 |
Preview |
Text
bagian dpan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (219kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (162kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |