Visilya, Anggun Rezi (2017) Pengaruh Internet Advertising Terhadap Sikap Konsumen (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Bisnis Angkatan 2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Media Sosial YouTube). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama-sama variabel tujuan iklan (X1), isi pesan (X2), dan format pesan (X3) terhadap sikap konsumen (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial variabel tujuan iklan (X1), isi pesan (X2), dan format pesan (X3) terhadap sikap konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi variabel tujuan iklan, isi pesan, dan format pesan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Bisnis Angkatan 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan media sosial YouTube dan terpapar iklan YouTube. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel tujuan iklan (X1) memiliki pengaruh sebesar 0,309 , variabel isi pesan (X2) memepengaruhi sebesar 0,430 , variabel format pesan (X3) mempengaruhi sebesar 0,373 dan dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel internet advertising berpengaruh positif terhadap sikap konsumen (Y). Berdasarkan hasil Uji F menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama antar variabel bebas dan variabel terikat dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 20,815 > 3,09. Berdasarkan hasil uji t didapatkan hasil bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan secara parsial yaitu variabel Tujuan Iklan (X1) memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 4,370 > 1,984, variabel Isi Pesan (X2) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,288 > 1,984 dan variabel Format Pesan (X3) dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,672 > 1,984. Hasil tersebut membuktikan bahwa iklan yang terpapar pada YouTube memberikan pengaruh terhadap sikap konsumen dalam hal ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Bisnis Angkatan 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan media sosial YouTube.
English Abstract
This study aims to (1) Know and analyze the influence of variables bersamasamaeously advertising objectives (X1), the content of the message (X2), and the message format (X3) on consumer attitudes (2) Determine and analyze the effect of partial variable ad destination (X1), the contents of the message (X2), and the message format (X3) on consumer attitudes. This type of research is explanatory research with quantitative approach. Variables examined included variable advertising purposes, the content of the message, and the message format. The population in this study is the student Force 2013 Program Business Studies Faculty of Administrative Science are using social media YouTube and exposure YouTube ads. The sample used in this study were 100 respondents to the questionnaire research instruments. Sampling technique used is accidental sampling. Analysis of the data used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of multiple linear regression analysis showed that the variables of interest advertising (X1) has the effect of 0.309, variable message content (X2) memepengaruhi amounted to 0.430, variable message format (X3) influence amounted to 0.373 and it can be concluded that the variables of internet advertising positive effect on the attitude consumer (Y). Based on the results of F test showed that significant influence jointly between independent variables and the dependent variable with a value of F> Ftable is 20.815> 3.09. Based on t test results showed that all independent variables significant effect partially variable Interest rent (X1) has tcount> ttable namely 4.370> 1.984, variable Message Body (X2) with tcount> ttable namely 4.288> 1.984 and variable Message Format (X3) with t count> t table is 2.672> 1.984. These results prove that the ad is exposed to the YouTube effect on consumer attitude in this case is the student / student Forces 2013 Business Studies Program Faculty of Administrative Science that uses social media YouTube.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/392/051705182 |
Uncontrolled Keywords: | Internet Advertising, Sikap Konsumen |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising > 659.14 Advertising in electronic media > 659.144 Advertising in digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 06:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2020 14:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6119 |
Actions (login required)
View Item |