Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang)

Azizah, Dewi Nur (2017) Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses knowledge management dalam inovasi terhadap program “Home Care PERMATA” dalam layanan yang ada di Puskesmas Turen Kabupaten Malang dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat program “Home Care PERMATA” di Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di Puskesmas Turen. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penjodohan pola dimana peneliti membandingkan data hasil pengamatan (prediksi atau asumsi sebelumnya) untuk dicocokkan dengan data empirik. Jika kedua pola tersebut cocok maka, dapat digunakan untuk menguatkan proses analisis data yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan proses knowledge management melalui program home care Permata dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas Turen mendapat dukungan dari Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, ditunjang dengan dukungan sumberdaya manusia dan sumber dana. Manfaat bagi masyarakat yaitu meminimalisir resiko rentan sakit dan pasien bisa berkonsultasi masalah kesehatan agar penyakit dapat dicegah dan tidak muncul lagi. Home care memberikan pelayanan yang dekat dengan masyarakat dengan mendatangi rumah pasien. Proses knowledge management melalui program home care dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung proses manajemen pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, adanya dukungan dari Bupati Malang dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, kedua adanya komitmen Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Faktor penghambat penerapan pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, pola pikir (mindset) perawat pada umumnya masih berorientasi pada pengobatan bagi orang yang sakit, kedua masyarakat pada umumnya mengakses Puskesmas dan jaringannya jika sudah dalam kondisi sakit.

English Abstract

The purpose of this research is to know, describe and analyze the process of knowledge management in innovation to "PERMATA Home Care" program in the service at Puskesmas Turen Malang Regency and analyze the supporting and inhibiting factors of "Home Care PERMATA" program at Puskesmas Turen Malang Regency. This research use descriptive research with qualitative approach which is located in Malang, while the site is in Puskesmas Turen. Sources of primary data obtained from interviews of informants related, while the secondary data obtained from the documents that relate to the topic. The technique of collecting data through interviews, observation and documentation. While the research instrument is the researchers themselves, some supporting tools such as interview guides and other tools. In this study using the patterned analysis technique where the researchers compare the observed data (prediction or previous assumptions) to be matched with empirical data. If both patterns are suitable then, can be used to strengthen the process of data analysis in question. The results showed the process of knowledge management through the home care program jewel in order to improve public services in health centers received support from Regent Turen and Malang District Health Office, supported by human resource support and funding. Benefits to the community that minimize the risk of illness and the patient vulnerable to consult a health problem that can be prevented and the disease does not reappear. Home care provides services closer to the community by visiting the patient's home. Knowledge management process through the home care program is influenced by several factors supporting and inhibiting. Factors supporting the application of knowledge through the home care program PHC Turen in service delivery in the health sector include: first, the support of the Regent and Head of Malang District Health Office, both the commitment of Chief Medical Officer and Head of PHC in improving health services. Factors inhibiting the application of knowledge through the home care program PHC Turen in service delivery in the health sector include: first, the mindset (mindset) of nurses in general are still oriented treatment for people who are sick, both the public at large to access health centers and its network if it is in a state hospital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/397/051705218
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Inovasi, Pelayanan Publik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Nov 2017 04:15
Last Modified: 06 Oct 2020 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6104
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item