Usaha Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Air Bersih (Studi Pada PDAM Kabupaten Gresik).

Hayatori, Figur Hariya (2017) Usaha Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Air Bersih (Studi Pada PDAM Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu aktivitas utama pemerintah adalah melakukan pelayanan publik kepada masyarakat, baik meliputi pelayanan barang publik, jasa publik, maupun pelayanan administratif. Pertumbuhan dan perkembangan kota dengan diikuti oleh pertambahan perduduk, baik melalui proses kelahiran maupun urbanisasi memunculkan tuntutan pelayanan public yang responsive terhadap dinamika tersebut sehingga pemerintah (termasuk pemerintah daerah) tertuntut dengan sendirinya untuk memenuhi pelayanan dimaksud. Salah satu pelayanan barang yang menghadapi tuntutan peningkatan, baik secara kuantitas maupun kualialitas adalah pelayan air bersih.Penyediaan pelayanan air bersih yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah kabupaten Gresik diselenggarakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian: 1) Usaha PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih, baik secara kuantitas maupun kualitas; dan 2) Pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan PDAM. Mendapatkan data dengan wawancara, observasi dan dokumen. Sedangkan analisis memanfaatkan model interaktif Miles, Hubarmann dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam meningkatkan volume debt air seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan baik rumah tangga, perkantoran dan industry maka PDAM telah melakukan optimalisasi sambungan pipa yang telah ada, membuat sambungan perpipaan yang baru, mengurangi kebocoran dan hilangnya air di lapangan, serta memanfaatkan sumber air baru dari Umbulan Pasuruan dan Bengawan Solo melalui Bendungan Gerak Sembayat. Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas air maka PDAM melakukan Total Quality Control, control laboratorium secara periodic, dan minandaklanjuti keluhaan pelanggan dengan cepat. 2) Untuk m,eningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, PDAM menjalankan prinsip pelayanan public dengan baik yang didukung dengan peningkatan kapasitas pegawainya. Selain itu PDAM membuat website.

English Abstract

One of the main activities of the government is to conduct public services to the public, including public goods, public services, and administrative services. The growth and development of the city followed by the increase of the population, both through the process of birth and urbanization raises the demand for public services that are responsive to the dynamics so that the government (including local government) is charged by itself to fulfill the service. One of the goods services facing the increasing demands, both in quantity and quality is the maid of clean water. The provision of clean water service held by the local government of Gresik regency is organized by PDAM Giri Tirta. This research uses descriptive qualitative approach, with the focus of research: 1) PDAM business in fulfilling the need of clean water, both on quantity and quality; And 2) Quality service to PDAM customers. Obtain data by interviews, observations and documents. While the analysis utilizes interactive models Miles, Hubarmann and Saldana. The results show: 1) In increasing the volume of water debt in line with the increasing number of customers both households, offices and industry, PDAM has optimized existing pipeline connections, creating new pipeline connections, reducing leakage and water loss in the field, and utilizing New water source from Umbulan Pasuruan and Bengawan Solo river through Sembayat Dam. To maintain and improve water quality, PDAM perform Total Quality Control, laboratory control periodically, and to respon for the complaintment customers quickly. 2) To increasing the quality of service to customers, PDAM runs the principle of public service well supported by the increase of its employees capacity. In addition PDAM create a website.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1085/051711856
Uncontrolled Keywords: usaha pemerintah, pelayanan publik, air bersih
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.3 Public administration of environment and natural resources > 354.36 Water > 354.366 Water supply
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Nov 2017 01:19
Last Modified: 15 Oct 2020 16:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6073
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item