Sinergi Antar Stakeholder Dalam Meningatkan Kualitas Pendidikan Inklusif (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi)

Firdiana, Linda Wahyu (2017) Sinergi Antar Stakeholder Dalam Meningatkan Kualitas Pendidikan Inklusif (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan layanan pendidikan yang menggabungkan siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus untuk diberikan pendidikan yang sama tanpa adanya diskriminasi. Kabupaten Ngawi merupakan salah satu Kabupaten di daerah Jawa Timur yang menyelenggarakan konsep pendidikan inklusif untuk mewujudkan visi Kabupaten Ngawi sebagai “Kabupaten Ngawi yang Inklusif” yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis stakeholder yang terlibat dan peran masing-masing stakeholder, mengetahui dan menganalisis sinergi antar stakeholder yang terlibat, serta hambatan dan cara mengatasi hambatan dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interaktif (Miles, Huberman dan Saldana, 2014:14) yang didalamnya memuat, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa stakeholder yang terlibat sesuai dengan penggolongannya. Sinergi yang terjalin antar stakeholder dapat dilihat dari terpenuhinya syarat sinergi serta adanya peran dan kontribusi yang diberikan oleh masing-masing stakeholder dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan pendidikan inklusif di Kabupaten Ngawi. Hasil dari sinergi antar stakeholder tersebut telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dan perkembangan kepribadian ABK serta meningkatnya jaringan kerjasama antar stakeholder yang terlibat. Hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kabupaten Ngawi dapat diatasi oleh pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan tersebut, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah perlu mengadakan kerjasama dengan pihak swasta maupun NGO (Non Governmental Organization).

English Abstract

Inclusive education is an education service which combines the normal students and students with special needs to be given the same education without discrimination. Kabupaten Ngawi is a regency in East Java which applies the concept of inclusive education to realize its vision as “Kabupaten Ngawi yang Inklusif” (The Inclusive Ngawi) conducted by the Education Department of Ngawi. This study aims to identify and analyze the stakeholders involved and the role of each stakeholder, identify and analyze the synergy among the stakeholders involved, as well as the obstacle and how to overcome it in improving the quality of inclusive education in Ngawi. This study uses qualitative research with descriptive method. Analysis of the data used in this study is an interactive method (Miles, Huberman and Saldana, 2014:14), which includes the condensation, presentation, and conclusion. The results showed that there are multiple stakeholders involved in accordance with the classification. The synergy that exists among the stakeholders viewed from eligibility of the synergy as well as the roles and contributions made by each of the stakeholders in some of the activities undertaken to develop inclusive education in Ngawi. The results of the synergy among these stakeholders have shown an increased ability and personality development of CWSN and the increasing networking of stakeholders involved. Obstacles in the implementation of inclusive education in Ngawi can be resolved by the parties involved in the implementation, so the teaching and learning activities can be performed well. The advice given by researcher is the need to cooperate with the private sector and the NGO.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/410/051705453
Uncontrolled Keywords: Sinergi antar Stakeholder, Pendidikan Inklusif, Peningkatan Kualitas Pendidikan Inklusif.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:56
Last Modified: 27 Nov 2020 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6020
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item