Aktualisasi Diri Otaku Dalam Komunitas Cardfight! Vanguard Malang.

Ramadhan, Laksamana (2017) Aktualisasi Diri Otaku Dalam Komunitas Cardfight! Vanguard Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Otaku merupakan sebutan bagi orang yang memiliki obsesi pada suatu objek yang berlebihan. Otaku merupakan salah satu sub-kultur dari kebudayaan popular Jepang. Masyarakat sendiri menilai otaku sebagai individu yang memiliki nilai negatif. Akan tetapi, yang terjadi mereka mampu melakukan aktualisasi diri. Penulis tertarik dengan fenomena ini dan memutuskan untuk meneliti pada salah satu komunitas otaku Malang, yaitu Komunitas Cardfight! Vanguard Malang. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan penelitan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan dasar teori dari Maslow dan Rogers yang akan digunakan dalam mendeskripsikan data yang ada. Hasil penelitian ini akan membuktikan bahwa otaku tidak hanya memiliki sisi negatif saja, akan tetapi memiliki sisi positif juga. Sisi positif tersebut merupakan bentuk dari aktualisasi dirinya dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan perubahan sikap otaku dalam komunitas cardfight! vanguard Malang menjadi pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/283/051704971
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer Jepang, Otaku, Aktualisasi Diri, Komunitas Otaku.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2017 07:43
Last Modified: 07 Dec 2020 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/602
[thumbnail of Ramadhan, Laksamana.pdf]
Preview
Text
Ramadhan, Laksamana.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item