Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran Berbasis Online Di Kota Administrasi Jakarta Barat (Studi Pada Kantor Suku Badan Pajak Dan Retribusi Daerah Jakarta Barat).

Riyadi, Arfan (2017) Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran Berbasis Online Di Kota Administrasi Jakarta Barat (Studi Pada Kantor Suku Badan Pajak Dan Retribusi Daerah Jakarta Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan sistem online dalam pemungutan pajak restoran merupakan salah satu modernisasi sistem administrasi perpajakan. Penerapan sistem online merupakan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan kemudahan dalam membayar dan melaporkan guna untuk mengefektivitaskan penerimaan pajak restoran. Kota Administrasi Jakarta Barat memiliki kegiatan perekonomian yang terus berkembang, salah satunya pada sektor usaha restoran. Suku Badan Pajak Daerah merupakan instansi yang memiliki wewenang dalam penerapan sistem online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas dan implementasi pemungutan pajak restoran sebelum dan sesudah diresmikan Peraturan Gubernur Nomor 224 tahun 2012 di Kota Administrasi Jakarta Barat yang dilaksanakan oleh Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan tingkat efektivitas pemungutan pajak restoran sebelum dan setelah diresmikan sistem online di Kota Administrasi Jakarta Barat. Teknik pengumpalan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pemungutan pajak restoran sebelum diresmikan sistem online yaitu dengan menggunakan perporasi/ bon penjualan (bill) menunjukan bahwa sudah sesuai prosedur yang berlaku. Mekanisme pemungutan pajak restoran dengan menggunakan bon penjualan (bill) dapat dikatakan tidak praktis dan sistematis, sehingga berdampak pada penerimaan pajak restoran di tahun 2011-2012 menunjukan hasil dengan rata-rata presentase sebesar 73,65% termasuk dalam kriteria kurang efektif. Sedangkan implementasi pemungutan pajak restoran setelah diresmikan sistem online menunjukan bahwa sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Efektifitas penerapan sistem online dalam pemungutan pajak restoran berdasarkan model 7S McKinsey menunjukan bahwa sudah berjalan efektif. Pemungutan pajak restoran setelah diresmikan sistem online yaitu pada tahun 2013-2016 menunjukan hasil dengan rata-rata presentase sebesar 92,59% termasuk dalam kriteria efektif. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah dapat melakukan sosialisasi lebih intens kepada wajib pajak yang sudah menggunakan sistem online maupun yang menjadi target diterapakan sistem online. Kemudian instansi terkait diharapkan adanya pelatihan dan pendidikan yang dikarenakan rotasi pegawai yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

English Abstract

Implementation of the online system in restaurant tax collection is one of the modernization of tax administration system. Implementation of the online system is an effort made to realize the ease in paying and reporting in order to effectiveness of restaurant tax revenue. West Jakarta Administration City has a growing economic activity, one of them in the restaurant business sector. Tribe Regional Tax Agency is an agency that has authority in the implementation of online systems. The purpose of this research is to know the level of effectiveness and implementation of restaurant tax collection before and after inaugurated Governor Regulation No. 224 year 2012 in West Jakarta Administration City implemented by West Jakarta Regional Taxation and Retribution Agency. The type of this research is descriptive research with qualitative approach. The focus of this research is to know the implementation and effectiveness level of restaurant taxation before and after inaugurated the online system in West Jakarta Administration City. The data collecting technique in this research is by interview and documentation. The result of this research is the implementation of restaurant tax collection before the online system is launched by using the perforation / bill indicate that it is in accordance with the applicable procedures. The collecting mechanism of restaurant tax by using bill can be said to be impractical and systematic, so it is affect the tax revenue of restaurant in 2011-2012 shows the result with average percentage equal to 73,65% is categorized as less effective criteria. While the implementation of restaurant tax collection after inaugurated online system shows that it is in accordance with applicable procedures. The effectiveness of the online system implementation in restaurant tax collection based on 7S McKinsey model shows that it more effective. Taxation restaurant after inaugurated online system that is in 2013-2016 shows the results with average percentage of 92.59% is categorized as the effective criteria. Recommendations that researchers can provide is the Taxation and Retribution Agency can conduct more intensive socialization to taxpayers which already use the online system or which become the target implemented online system. Then the related agencies are expected to have training and education due to rotation of employees conducted by the Provincial Government of DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/718/051708405
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sistem Online, Pajak Restoran, Pemungutan Pajak Restoran.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.27 Other taxes > 336.278 Taxes on products, services, industries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:09
Last Modified: 09 Dec 2020 18:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5973
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item