Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Rofiq, Saiful (2017) Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan sebuah layanan informasi dalam hal ini perpustakaan keliling adalah suatu cara untuk mempertemukan pemustaka dengan layanan perpustakaan keliling tersebut. Dalam sebuah pemanfaatan, pemustaka akan terlibat dalam interaksi (interaction) dengan layanan perpustakaan keliling karena alasan (reason). Sebagai hasil dari interaksi tersebut, pemustaka memperoleh timbal balik (result) berupa informasi yang di dapatkan dalam penggunaan layanan. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang terdiri dari reason, interaction, dan result. Manfaat dari hasil penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi Perpustakaan Keliling untuk mengembangkan layanan yang dimiliki sehingga pemanfaatan akan lebih maksimal Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Variabel independen yang peneliti gunakan ada 1 yaitu variabel pemanfaatan, kemudian diturunkan menjadi 3 sub variabel dengan total 10 indikator dengan total pertanyaan sebanyak 30 item. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert dengan skor 1-4. Teknik pengumpulan data ada beberapa cara diantaranya terdiri dari sumber data (primer dan sekunder) dan metode pengumpulan data (wawancara, observasi, kuesioner atau angket). Sampel yang digunakan sebanyak 100 pemustaka/responden. Analisis data menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukan pada Sub Variabel Reason menunjukkan kategori Baik. Indikator For Personal Reason dan To Get an Object, Information or Perform an Activity masuk dalam kategori Baik sedangkan indikator For a Task Problem masuk kategori Tidak Baik. Sub Variabel Interaction menunjukkan kategori Tidak Baik. Indikator Use of Resources, Services masuk pada kategori Baik sementara indikator Resources, Services dan Operation and Environment masuk dalam kategori Tidak Baik. Sub Variabel Result menunjukkan kategori Baik. semua indikator dalam sub variabel masuk dalam kategori Baik meliputi Cognitive, Affective, Meeting Expectation dan Time Aspect.

English Abstract

Utilization of an information service in this case a mobile library is a way to bring visitors with the mobile library service. In a utilization, user will be involved in the interaction (interaction) with a mobile library service for the reason (reason). As a result of these interactions, user obtain reciprocal (result) in the form of information that get in the use of the service. The research objective describe and analyze the Mobile Library Service Utilization by user at Bung Karno Library Unit consisting of reason, interaction, and result. The benefits of the results of this study is as a consideration for the Library to develop services owned so that the utilization will be more leverage The type of research used in this research is descriptive research with quantitative approach. The location of this research at UPT Library Proklamator Bung Karno. Independent variables that researchers use there is 1 is the utilization variable, then lowered into 3 sub variables with a total of 10 indicators with a total of 30 items. The measurement scale used is Likert scale with score 1-4. Data collection techniques have several ways including data sources (primary and secondary) and data collection methods (interview, observation, questionnaire). The sample used is 100 user / respondent. Data analysis using descriptive analysis. The results showed that the Sub-variable Reason showed the Good category. Indicators For Personal Reason and To Get an Object, Information or Perform an Activity is included in the Good category while the indicator For a Task Problem is not good. Sub Variable Interaction indicates Category Not Good. The Use of Resources, Services indicator is included in the Good category while the Resources, Services and Operations and Environment indicators fall into the Not Good category. Sub Variable Result indicates the Good category. All indicators in sub-variables fall into the Good category include Cognitive, Affective, Meeting Expectation and Time Aspect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/825/051709097
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Pemanfaatan Layanan, Layanan Perpustakaan Keliling.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.4 Public libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2017 00:50
Last Modified: 02 Dec 2020 17:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5967
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item