Pengelolaan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Di Kota Malang (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang)

Dalimunthe, Romy Alfisyahri (2017) Pengelolaan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Di Kota Malang (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Yang melatarbelakangi penulisan ini yaitu dari realisasi pengelolaan retribusi parkir tepi jalan umum di Kota Malang menyebabkan pendapatan retribusi parkir tepi jalan umum cenderung berfluktuatif dan masih tidak memenuhi target yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Malang pada umumnya dan oleh Dinas Pehubungan pada khususnya.Dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan restribusi parkir tepi jalan umum di Kota Malang, apa saja hambatan yang di alami dalam pengelolaannya selama ini, mekanisme pemungutan, setoran hingga tiba pada proses penerimaan menjadi Pendapatan Asli Daerah yang bermuara dan bermanfaat bagi pembangunan Kota Malang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu suatu tipe penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data yang ada di lapangan tentang retribusi daerah yang difokuskan pada pengelolaan retribusi parkir tepi jalan umum yang ada di Kota Malang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara survey, wawancara, observasi, kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dilihat bahwa proses pengelolaan retribusi parkir tepi jalan umum yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Malang mulai dari pembayaran yang dilakukan oleh pengguna jasa kepada juru parkir, setoran juru parkir kepada petugas pemungut, penerimaan bendahara kemudian setoran pada Pemerintah Kota Malang hingga dapat disebut sebagai Pendapatan Asli Daerah Kota Malang dari sektor Retribusi khususnya parkir tepi jalan umum. Realisasi retribusi parkir tepi umum jalan hanya memiliki kontribusi yang kecil terhadap realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pelaksanaan retribusi parkir tepi jalan umum di Kota Malang begitu gencar hingga menaikkan tarif parkir melalui Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tetapi secara logika hal tersebut hanya membebani masyarakat sebagai pengguna jasa parkir tepi jalan umum dan realisasinya terhadap pendapatan daerah tidak begitu besar pengaruhnya.

English Abstract

The background of this paper is on the realization of the management of public roadside parking charges in the city of Malang cause income levy roadside parking public tends to fluctuate and still not meet the target set by the government of Malang in general and by the Department of Pehubungan on khususnya.Dan purpose of this study that is to know how the process of managing public roadside parking retribution in Malang, any obstacles experienced in the management during this time, the mechanism of collection, deposits up to arrive at the admissions process into regional revenue which empties and beneficial for the development of the city of Malang. The research method used was qualitative research is a type of research that aims to outline a systematic, factual and accurate information on the existing data in the field of levies, focused on the management of public roadside parking fees in the city of Malang. Data collection is done by means of surveys, interviews, observations, questionnaires. Based on the results of research conducted, it can be seen that the process of managing user charges roadside parking public managed by the Department of Transportation in Malang ranging from payments made by users of services to parking attendants, payment of parking attendants to the concierge collector, reception treasurer then deposit the City Government of Malang to be referred to as the original income Malang from sector levies particularly public roadside parking. The realization of a common edge street parking fees have only a small contribution to the realization of revenue (PAD). Implementation public roadside parking charges in the city of Malang are keen to raise parking rates through Malang Regional Regulation No. 3 of 2015 in order to boost revenue (PAD). But logically it is only a burden on society as users of public services roadside parking and realization of the revenue area is not so great influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/646/051708304
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum, Dinas Perhubungan
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.27 Other taxes > 336.278 Taxes on products, services, industries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:10
Last Modified: 22 Oct 2020 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5921
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item