Tanggung Jawab Hukum Penerit Produk Fintech Terhadap Pengguna T-Cash Sebagai Aplikasi Berbasis Mobile Payment Atas Kehilangan Saldo Dalam Pembayaran Online

Wardhani, Selly Kusuma (2017) Tanggung Jawab Hukum Penerit Produk Fintech Terhadap Pengguna T-Cash Sebagai Aplikasi Berbasis Mobile Payment Atas Kehilangan Saldo Dalam Pembayaran Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat mengenai permasalahan Tanggung Jawab Pelaku Usaha Fintech Terhadap Pengguna T-Cash Sebagai Aplikasi Berbasis Mobile Payment Atas Kehilangan Saldo Dalam Pembayaran Online. Pemilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi mobile payment dalam melakukan pembayaran mengalami kehilangan saldo. Dalam hal ini simpanan milik pengguna seharusnya menjadi tanggung jawab pelaku usaha untuk membuat penggunanya merasa aman, nyaman dan tenang ketika menggunakan atau memilih model transaksi mobile payment. Berdasarakan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangakat rumusan masalah : Bagaimana tanggung jawab hukum penerbit produk fintech terhadap pengguna TCash sebagai aplikasi berbasis mobile payment berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem pembayaran Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (Statute Approach). Bahan hukum pimer, sekunder dan tersier yang diperoleh penulisa akan dianalisa menggunakan interpretasi gramatikal, interpretasi sistematis dan interpretasi teleologis. Dari hasil penelitian menggunakan metode di atas, penulis mendapat jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pengaturan tanggung jawab pelaku usaha fintech terhadap aplikasi berbasis mobile paymen (salah satu contoh T-Cash) atas kehilangan saldo belum dapat kita temui peraturannya secara spesifik, namun hal tersebut dapat di interpretasikan menggunakan Undnag- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/1/PBI/ 2014 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Sistem Pembayaran dan menghubungkannya dengan salah satu prinsip tanggung jawab berdasarkan unsur kesalahan. Prinsip tanggung jawab ini dapat dituntukan karena terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pelaku usaha, kesalahan tersebut berupa kelalaian yang mengakibatkan hilangnya saldo milik pengguna. Selain itu bila dilihat dari segi perjanjian, maka pelaku usaha dapat dimintai tanggung jawab berdasarkan wanprestasi, karena pelaku usaha tidak memenuhi prestasinya untuk menjaga keamanan simpanan dari pengguna selaku konsumen

English Abstract

In this thesis the authors raised about the problem Responsibilities of Business Actors Fintech Against T-Cash Users As Mobile Based Application Payment On Loss Of Balance In Online Payments. The selection of the theme in the background by the number of people who use mobile payment application in making the payment to lose the balance. In this case the user's savings should be the responsibility of business actors to make users feel safe, comfortable and calm when using or choosing a mobile payment transaction model. Based on the above matters, this paper addresses the problem: How is the legal responsibility of the publisher of fintech products to TCash users as a mobile payment based application based on Law Number 8 Year 1999 regarding Consumer Protection, Bank Indonesia Regulation Number 16/1 / PBI / 2014 on Consumer Protection Services Payment System Then the writing of this thesis is using normative juridical method with statutory approach approach (Statute Approach). The pimer, secondary and tertiary legal materials obtained by the author will be analyzed using grammatical interpretations, systematic interpretations and teleological interpretations. From the results of the research using the above method, the authors got the answer to the existing problems that the arrangement of the responsibility of fintech business actors based on mobile paymen (one example of T-Cash) for the loss of the balance can not we meet the specific regulations, but it can interpreted by Law No. 8/1999 on Consumer Protection and Bank Indonesia Regulation No. 16/1 / PBI / 2014 on Consumer Protection in the Service Sector of Payment System and relating it to one of the principles of responsibility based on the element of error. This principle of responsibility can be deducted because of mistakes made by the business actor, the error is a negligence that resulted in the loss of the user's balance. In addition, when viewed from the terms of the agreement, the business actor can be held responsible based on default, because business actors do not fulfill their performance to maintain the security of savings from users as consumers

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/324/051711420
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:07
Last Modified: 06 Nov 2020 15:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5920
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item