Analisis Pembentukan Citra Spa (Solus Per Aqua) Sebagai Pusat Kebugaran Menurut Pandangan Pelaku Industri Spa. (Studi Kasus Pada Taman Sari Royal Heritage Spa)

Medina Fitri, Mutiara (2017) Analisis Pembentukan Citra Spa (Solus Per Aqua) Sebagai Pusat Kebugaran Menurut Pandangan Pelaku Industri Spa. (Studi Kasus Pada Taman Sari Royal Heritage Spa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan bagian dari sektor industri di Indonesia yang mempunyai peluang dan potensi sangat besar dalam pengembangannya. Salah satu potensi wisata adalah spa. Spa merupakan upaya kesehatan tradisional yang menggunakan metode kombinasi keterampilan hidroterapi, pijat yang diselenggarakan secara terpadu untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran dan perasaan. Disamping manfaat baik yang diberikan oleh perawatan spa, disisi lain spa sering dikaitkan dengan hal negatif. Perusahaan jasa spa dituntut untuk membentuk citra positif dimata konsumen agar menghindari isu tersebut. Taman Sari Royal Heritage Spa menerapkan program kerja sebagai upaya pembentukan citra perusahaan. Selain membentuk citra, mempertahankan citra juga merupakan hal yang penting maka dari itu Taman Sari Royal Heritge Spa menerapkan program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian Jakarta, sedangkan situsnya di Taman Sari Royal Heritage Spa Wahid Hasyim Jakarta. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Metode analsi yang dilkaukan mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan sampai pada menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembentukan citra melaui program kerja yang dilakukan Taman Sari Royal Heritage Spa direspon positif oleh masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan spa kepada masyarakat sudah dinilai baik terbukti dengan antusiasme masyarakat terkait dengan program tersebut. Kegiatan CSR yang dilakukan Taman Sari Royal Heritage Spa juga sudah dinilai baik akan tetapi terdapat 2 program diambil alih oleh Mustika Ratu sebagai induk perusahaan.

English Abstract

Tourism is part of the industrial sector in Indonesia which has huge potential and opportunities in its development. One of the tourism potential is the spa. The Spa is a traditional health efforts that use the method of combination of hydrotherapy, massage skills are organized in integrated to balance body, mind and emotions. In addition to the benefits provided by a good spa treatments, on the other hand, spa often associated with negative things. Spa service company is required to form a positive image in the eyes of consumers in order to avoid such issues. Taman Sari Royal Heritage Spa implement work programs in an effort to the formation of the image of the company. In addition to form the image, keeping the image also is crucial therefore Taman Sari Royal Heritage Spa implement CSR programs (Corporate Social Responsibility) to maintain the company's image. This research uses descriptive research approach with the types of qualitative research, location of Jakarta, while its site in Taman Sari Royal Heritage Spa Wahid Hasyim, Jakarta. The primary data source obtained from some of the interviews of the informant concerned, while secondary data obtained from the documents relating to that topic. While his research instruments are the researchers themselves. The method of analysis that is starting from data collection, data presentation, data condensation and comes to an interesting conclusion and verification. According to inputs received, process of image building of SPA via the program work done Taman Sari Royal Heritage Spa responded positively by the community. This activity aims to educate and introduce spa to the community either judged already proven with the enthusiasm of the community associated with the program. CSR activities conducted Taman Sari Royal Heritage Spa has also been rated good but there are 2 programs taken over by Mustika Ratu as the main company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/815/051709145
Uncontrolled Keywords: SPA (Solus per Aqua), Pembentukan Citra, CSR (Corporate Social Responsibility)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:36
Last Modified: 02 Dec 2020 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5910
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item