Implementasi Pengembangan Koleksi dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Siswa (Studi pada Perpustakaan SMAN 3 Malang)

Maulidiyah, Nur Azizah (2017) Implementasi Pengembangan Koleksi dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Siswa (Studi pada Perpustakaan SMAN 3 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan SMAN 3 Malang mengembangkan koleksi sesuai dengan minat siswa. Perpustakaan ini menerapkan kebijakan pengembangan koleksi namun tidak tertulis. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, perpustakaan yang telah berdiri setidaknya selama 4 tahun memiliki kebijakan secara tertulis dengan menyesuaikan kondisi di lingkungan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis implementasi pengembangan koleksi yang ada pada perpustakaan SMAN 3 Malang serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pengembangan koleksi. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Peneliti lebih memaksimalkan dengan menggunakan metode wawancara sebagai penggalian informasi dan dikaitkan dengan teori. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek keterkaitan antara hasil pengamatan dengan wawancara dari informan yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengembangan koleksi di perpustakaan SMAN 3 Malang belum memiliki kebijakan secara tertulis. Pengembangan koleksi berjalan begitu saja dan hanya bersifat lisan. Pengadaan koleksi pun juga melanjutkan dari tahun sebelumnya tetapi tidak ada ketentuan tersendiri terhadap koleksi yang akan diadakan. Pemilihan koleksi untuk pengadaan hanya melihat dari katalog penerbit yang diberikan oleh agen, kemudian pemesanan melalui media sosial Whatssapp. Kegiatan tersebut selalu berubah nominalnya maupun ketentuan dalam hal lain, terjadi karena tidak menentu koleksi apa saja yang akan dibeli dan tidak adanya standar dalam pemilihan buku. Kerjasama dengan pihak lain juga belum terjalin terkait dengan pengembangan koleksi. Evaluasi khusus terhadap kegiatan penambahan koleksi juga tidak pernah dilaksanakan. Faktor yang mendukung dalam implementasi tersebut yaitu anggaran yang memadai untuk pengadaan buku. Selain itu, pendukung lainnya yaitu komunikasi yang baik antar staf dan tingginya kebutuhan informasi siswa. Terdapat pula faktor yang menghambat dalam implementasi pengembangan koleksi yaitu mengenai sumber daya manusia yang terbatas dengan pekerjaan yang sangat kompleks. Selain itu, yang menjadi penghambat yaitu mengenai kurangnya sarana-prasarana dan keterlambatan datangnya pesanan buku.

English Abstract

Library of SMAN 3 Malang develops the collection in accordance with students' interest. This library applies a collection development policy b ut it is unwritten. Based on Act Number 43 of 2007, libraries that have been established for at least 4 years have written policy by adjust the conditions in the library environment. This research used descriptive research with qualitative approach that aims to know, describe, and analyze the implementation of collection development in library of SMAN 3 Malang as well as supporting and inhibiting factors of the implementation of collection development policy. The data collection techniques in this study were to make observations, interviews, and also study documentation. The researcher is more maximize by using the interview method as digging information and related to the theory. The researcher also used triangulation of sources that checks the link between observations and interviews from different informants. The data analysis techniques that used are interactive models Miles, Huberman, and Saldana (2014) by condensing data, presenting the data, and the last is the withdrawal and verification of conclusions. The result of the research indicated that the implementation of collection development policy in library of SMAN 3 Malang have no written policy yet. The development of collection goes offhand and only verbal. The procurement of collection also continued from the previous year but there is no separate provisions of the collection to be held. The selection of collection for procurement only look at the catalog of the publisher provided by the agent, then order through WhatsApp social media. The activity is always changing nominally as well as provisions in other cases, its occur because of uncertain what collections will be purchased and the absence of standards in the selection of books. The cooperation with other parties has not been established related to the development of the collection. The special evaluation of the collection activities were never implemented. The factor that support the implementation is the adequate budget for the procurement of books. Moreover, another supporters are good communication between staff and the high of students' information needs. There are also factors that inhibit the implementation of collection development that is about limited human resources with a very complex work. In addition, the obstacles are the lack of facilities and the delay arrival of book orders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/743/051708430
Uncontrolled Keywords: implementasi, pengembangan koleksi, kebijakan pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah, kebutuhan informasi
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.7 Public administration of culture and related activities > 353.73 Public libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:16
Last Modified: 07 Nov 2020 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5903
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item