Kinerja Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Layanan Pengguna (Studi pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

Perdana Yudha, Ekky Freza (2017) Kinerja Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Layanan Pengguna (Studi pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja perpustakaan sekolah dalam meningkatkan layanan pengguna pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Layanan pengguna yang ada di Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung antara lain layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan penelusuran informasi dan layanan bimbingan pemustaka. Ada tiga tenaga kerja yang dimiliki Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Salah satu tenaga kerja perpustakaan, telah mengenyam pendidikan sarjana ilmu perpustakaan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data di kumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah didapat, kemudian dianalisis menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Kinerja Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan layanan pengguna, diidentifikasi dari kualitas pelayanan, kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan dan produktivitas yang dihasilkan. Faktor penghambat dalam kinerja yang membuat kinerja perpustakaan menjadi belum maksimal juga diidentifikasi berdasarkan pendidikan dan pengalaman kerja, fasilitas kerja dan lingkungan internal dan eksternal perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Perpustakaan SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung telah memberikan kualitas pelayanan yang semakin baik dan ramah, pelayanan pengguna dilayani dengan cepat namun kurang tepat dalam pelayanan, perpustakaan telah menghasilkan beberapa produk barang dan jasa namun belum maksimal dalam produk teknologi informasi. Faktor yang menghambat kinerja adalah dukungan finansial dan ruang yang kurang begitu menarik.

English Abstract

This study aims to explain the performance of school libraries in improving the user service at SMAN 1 Boyolangu Library Tulungagung regency. The benefit of this research is as consideration of school library in improving library services. Service users who are in the Library of SMA Negeri Boyolangu Tulungagung regency, among others, circulation services, reference services, information tracking services and guidance service pemustaka. There are three workers owned by SMAN 1 Boyolangu Library of Tulungagung Regency. One of the library workforce, has received a bachelor's degree in library science. The method used is descriptive research with qualitative approach. Data collected by observation, interview and documentation. The data has been obtained, then analyzed using interactive data analysis model proposed by Miles, Huberman and Saldana. The performance of SMAN 1 Boyolangu Library of Tulungagung Regency in improving user service, identified from service quality, speed and accuracy in service and productivity. Inhibiting factors in performance that make the library performance not maximal are also identified based on education and work experience, work facilities and the internal and external environment of the library. The results of this study indicate that, SMAN 1 Boyolangu Library Tulungagung District has provided better service quality and friendliness, service users served quickly but less precise in service, the library has produced some products and services but not maximized in information technology products. Factors that hamper performance are financial support and less attractive space.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/742/051708429
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Perpustakaan Sekolah, Layanan Pengguna.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 025 Operations of libraries, archives, information centers > 025.5 Services for users
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:10
Last Modified: 01 Aug 2023 00:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5901
[thumbnail of EKKY FREZA PERDANA YUDHA.pdf] Text
EKKY FREZA PERDANA YUDHA.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item