Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Impulsif (Survei Pada Konsumen Yang Melakukan Pembelian Impulsif Di Matahari Department Store Matos Malang)

Wicaksono, Avie Haryo (2017) Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Impulsif (Survei Pada Konsumen Yang Melakukan Pembelian Impulsif Di Matahari Department Store Matos Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya bisnis ritel dan eceran telah merubah perilaku konsumen seperti pembelian impulsif. Salah satu faktor-faktor perilaku konsumen adalah faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor psikologis konsumen yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) secara bersama-sama dan parsial terhadap Pembelian Impulsif (Y). Penelitian ini menggunakan metode explanatory research (penelitian penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di Matahari Departement Store cabang Malang Town Square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden merupakan konsumen yang melakukan pembelian impulsif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (p< 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Psikologis yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) secara bersama-sama terhadap Pembelian Impulsif (Y). Hasil adjusted R2 (koefisien determinasi) menunjukkan hasil sebesar 0,598yang berarti sebesar 59,8% variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) memberikan kontribusi kepada Pembelian Impulsif (Y), sedangkan sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil kesuluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) secara bersama sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif (Y). Hasil dari analisis regresi juga menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X2) memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas lainnya.

English Abstract

Along with the development of retail business has changed consumer behavior such as impulse buying . One of the factors in consumer behavior are psychological factors. This research aims to identify and explain the influence of psychological factors consumers of Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), and memory (X4) simultaneously and partially to Impulse Buying (Y). This research used explanatory research method with a quantitative approach. The location of this research is in Matahari Department Store Malang Town Square branch. The sampling technique used was purposive sampling technique. Samples taken as many as 100 respondents are consumers who make impulse purchases. The analysis used descriptive analysis, multiple linear regression and partial regression analysis. Based on the results of the F test conducted this research showed significant F value of 0.000 (p <0.05), which means a significant difference between Psychological Factors which consists of Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), and Memory (X4) jointly against Impulse Buying (Y). Results R2 adjusted shows the results of 0.598, which means 59.8% of the variable Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), and memory (X4) to contribute to Impulse Buying (Y), while the remaining 40.2% influenced by other variables not examined in this research. All results can be concluded that the variable of Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), and memory (X4) with the same and partially have a significant effect on Impulse Buying variable (Y). Results of regression analysis also showed that the Perception (X2) variables have a dominant influence compared to other independent variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/408/051705393
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Memori, Pembelian Impulsif.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:21
Last Modified: 05 Dec 2020 12:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5864
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item