Indrawati, Ima Kusuma (2017) Persepsi Konsumen Mengenai Produk Kunyit Asam Jamu Gendong Dan Kunyit Asam Gujati Di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Istilah jamu hanya ada di Indonesia. Banyaknya berbagai macam pilihan produk dapat mempengaruhi konsumen dalam pembentukan persepsi konsumen seperti yang terjadi pada produk jamu. Jamu memiliki beraneka ragam produk dan khasiat, namun setiap individu pasti memiliki jenis jamu yang paling disukai. Kuantitas produk jamu kunyit asam sangat mendominasi dibandingkan dengan lainnya karena konsumen lebih sering mengkonsumsi jamu tersebut (Maulana, et al., 2014). Adanya fenomena konsumen lebih sering mengonsumsi jamu kunyit asam membuat Perusahaan PT.Gujati 59 Utama memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat suatu inovasi produk yaitu kunyit asam gujati. Jamu kunyit asam menjadi fokus peneliti karena jamu ini memiliki pangsa yang luas karena dikonsumsi oleh semua kalangan umur dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan tinjauan penelitian terdahulu, penelitian terdahulu dan penelitian ini meneliti aspek yang berbeda, sehingga penelitian ini layak untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan persepsi konsumen tentang kualitas produk dan harga pada produk kunyit asam jamu gendong dan produk jamu kunyit asam gujati dan menganalisis perbedaan persepsi konsumen tentang harga pada produk kunyit asam jamu gendong dan produk jamu kunyit asam gujati. Kegunaan dari penelitian ini yaitu agar perusahaan PT.Gujati 59 Utama dapat mengetahui persepsi konsumen di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo mengenai produk kunyit asam gujati pada sisi harga dan kualitas produknya sehingga perusahaan dapat menjadikan penelitian ini sebagai solusi alternatif dalam melakukan perencanaan pemasaran dalam memasarkan produk kunyit asamnya setelah dilakukannya penelitian ini sebagai bahan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian komparatif yang digunakan untuk membandingkan variabel persepsi kualitas produk dan variabel persepsi harga pada dua produk yang berbeda yaitu produk kunyit asam jamu gendong dan produk kunyit asam gujati. Penentuan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) berada di Kecamatan Nguter. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli produk kunyit asam gujati dan dan atau kunyit asam jamu gendong. Tahap pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode accidental sampling. Total responden dalam penelitian ini secara keseluruhan sebanyak 67 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner, studi pustaka, dan observasi. Penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi konsumen mengenai kualitas produk kunyit asam jamu gendong dan produk kunyit asam gujati (X1) memiliki perbedaan ii dari hasil penilaian yang telah diberikan oleh responden. Pada variabel ini konsumen menilai bahwa produk kunyit asam jamu gendong unggul pada sisi tampilan penyajian, rasa yang telah sesuai dengan selera konsumen, rasa kunyit yang kuat, rasa asam yang kuat, kandungan sari jamu yang pekat dan melekat setelah diminum, jamu tidak mengandung bahan kimia, aromanya segar, aroma kunyit yang kuat, aroma asam yang kuat, khasiat yang dapat dirasakan secara nyata, dan khasiat produknya yang dapat menyembuhkan secara cepat. Pada produk kunyit asam gujati, konsumen menilai bahwa produk ini memiliki keunggulan pada sisi konsistensi rasa dan tingkat kejernihan. Persepsi konsumen mengenai harga produk kunyit asam memiliki indikator daya beli dengan indikator bahwa produk tersebut memiliki harga yang murah. Berdasarkan hasil nilai skor rata-ratanya, dapat dikatakan bahwa produk kunyit asam jamu gendong lebih murah, dibandingkan dengan produk kunyit asam gujati. Pada Indikator kesesuaian harga pada indikator harga yang dimiliki oleh produk kunyit asam telah sesuai dengan kualitasnya. Hasil nilainya menyatakan bahwa konsumen menilai produk kunyit asam jamu gendong memiliki kesesuaian harga dan kualitas produk yang lebih baik, dibandingkan dengan produk kunyit asam gujati. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu persepsi konsumen mengenai kualitas produk kunyit asam jamu gendong dan produk kunyit asam gujati (X1) memiliki perbedaan dan persepsi konsumen mengenai harga produk kunyit asam jamu gendong dan produk kunyit asam gujati (X2) memiliki perbedaan penilaian.
English Abstract
The term jamu medicine only exists in Indonesia. The large variety of product choices can affect consumers in making consumer perceptions as happened in jamu products. Jamu has many varieties and benefits, but each individual must have the most deceptive type of jamu. A large number of consumers who consume Jamu Kunyit Asam lead to the emergence of a product innovation. One of the innovative products of Jamu Kunyit Asam is produced by Gujati 59 Utama Company (Kunyit Asam Gujati). Jamu Kunyit Asam has become the focus of researcher because this jamu has a large share which can be consumed by all ages and has benefits for health. Based on previous researches, previous researches and this study examine different aspects, so that the study is feasible to do. The purpose of this research is to analyze the difference of consumer perception about product quality on kunyit asam jamu of gendong and gujati and analyze difference of consumer perception about the price on kunyit asam of jamu gendong and gujati. The beneficial of this research is the company PT. Gujati 59 Utama can know the consumer perception in Nguter District, Sukoharjo Town about kunyit asam gujati product on the price and the product quality. So the company can make this research as the alternative solution for its marketing planning in marketing kunyit asam gujati product. This research used descriptive research with comparative research type which was used to compare product quality perceived and price perceived on two different products that are the kunyit asam product of jamu gendong and gujati. The determination of the research location was chosen purposively in Nguter District. Population in this research was people who ever bought kunyit asam gujati and or kunyit asam jamu gendong. The sampling method in this research used accidental sampling method. Total respondents in this study is 67 respondents. This research used descriptive statistical data analysis. The result of the research showed that consumer perception quality product perceived of kunyit asam jamu gendong and product of kunyit asam gujati (X1) has different. In this variable, respondents considered that the superior product of sour sauce jamu on the display presentation, the taste that has been in accordance with the tastes of respondents, strong turmeric taste, strong sour taste, the content of the essence of jamu which is concentrated and attached after drinking, jamu does not contain chemicals, the aroma is fresh, strong turmeric aroma, strong acidic aroma, the benefit that can be felt in real, and the efficacy of its products can heal quickly. In kunyit asam gujati product, respondents rate that this product has an advantage on the taste consistency and clarity. v Consumer perception on price perceived of kunyit asam product have indicators of purchasing power with indicator that the product has cheap price. Based on the results of the mean score, it can be said that the product of kunyit asam jamu gendong is cheaper than kunyit asam gujati. In the indicator of price conformity with its quality on the price indicator which is owned by kunyit asam product has been in accordance. The results stated that the respondents assessed the product of kunyit asam jamu gendong has better price and better product quality than kunyit asam gujati. The conclusion of this research is consumer perception about product quality perceived of kunyit asam jamu gendong and kunyit asam gujati (X1) has difference and consumer perception about price perceived of kunyit asam jamu gendong and kunyit asam gujati (X2) has difference.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/599/051710787 |
Uncontrolled Keywords: | Jamu, Kunyit Asam, Konsumen, Inovasi |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 02:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 00:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5860 |
Text
IMA KUSUMA INDRAWATI.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |