Tri Wijaya, R.Krisna (2017) Implementasi Program 70:70 Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis Innovative Governance. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis implementasi program 70:70 sebagai upaya peningkatan pelayanan publik berbasis innovative governance dan 2) Untuk menganalisis faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi program 70:70 sebagai upaya peningkatan pelayanan publik berbasis innovative governance. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif, yaitu metode yang menggunakan sudut pandang peneliti sebagai alat analisis utama.Hasil analisis implementasi program 70:70 sebagai upaya peningkatan pelayanan publik berbasis innovative governance dapat diketahui bahwa keberhasilan proses pelayanan publik sangat tergantung pada dua pihak yaitu birokrasi (pelayan) dan masyarakat (yang dilayani). Layanan 70-70 memang terbilang masih baru, namun pemerintah Kota Malang yaitu Badan Pertanahan Kota Malang berupaya sebaik dan semaksimal mungkin dapat menerapkan layanan yang termasuk ke dalam layanan 70-70 agar diharapkan mampu membantu masyarakat dalam proses kepastian waktu sehingga masyarakat dapat lebih cepat dan mudah melakukan pengurusan layanan pada Badan Pertanahan Kota Malang. Upaya sosialisasi yang dilakukan telah memberikan pemahan kepada masyarakat terkait dengan upaya pelaksanaan program tersebut. Program 70:70 merupakan salah fasilitas yang memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sehingga dukungan atas pelaksanaan program dapat berjalan sesuai dengan ketentuan, kondisi ini menjadikan peranan SDM memiliki potensi yang sangat besar dalm upaya untuk peningkatan kualitas pelayanan terbaik sesuai dengan harapan masyarakat. Proses evaluasi juga harus dilakukan untuk memerbaiki perencanaan program; apakah program tetap dilanjutkan tanpa perbaikan, perlu diperbaiki, dan atau dihentikan untuk digantikan dengan program yang baru sehingga memberikan dukungan dalam upaya menciptakan kepuasan masyarakat.Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi program 70:70 sebagai upaya peningkatan pelayanan publik berbasis innovative governance dapat diketahui sebagai berikut: Faktor Pendukung yaitu 1) Kemampuan pegawai Kantor Pertanahan Kota Malang 2) Sarana dan Prasarana 3) Dukungan Masyarakat. Faktor Penghambat yaitu mengenai 1) Lamanya pengumpulan data yuridis dan 2) Kurangnya pegawai terutama pada seksi survei, pengukuran, dan pemetaan.
English Abstract
The purpose of this research is 1) To analyze the implementation of the program 70:70 as an effort to improve public services based on innovative governance and 2) To analyze the factors that support and inhibit the implementation of the 70:70 program as an effort to improve public services based on innovative governance. This research the researcher use this type of research is descriptive research with qualitative approach. Data analysis used in this research is qualitative analysis, that is method which use researcher point of view as main analysis tool.The result of the analysis of the 70:70 program implementation as an effort to improve the public service based on innovative governance can be seen that the success of public service process depends on two parties namely bureaucracy (waiter) and society (served). 70-70 service is fairly new, but the government of Malang City Land Board of Malang is trying as well and as much as possible to apply the services included in the service 70-70 to be expected to help the community in the process of certainty of time so that people can more quickly and easily To make services in the Land Agency of Malang City. Socialization efforts conducted have provided pemahan to the community associated with the implementation of the program. 70:70 Program is one of the facilities that provide good service to the community so that support for the implementation of the program can be run in accordance with the provisions, this condition makes the role of human resources has a huge potential dalm efforts to improve the best service quality in accordance with the expectations of the community. An evaluation process should also be undertaken to improve program planning; Whether the program continues without repair, needs to be repaired, and / or discontinued to be replaced with the new program so as to provide support in an effort to create community satisfaction.Factors that support and obstruct the implementation of the 70:70 program as an effort to improve public services based on innovative governance can be known as follows: Supporting Factors are 1) The ability of employees of the Land Office of Malang City 2) Facilities and Infrastructure 3) Community Support. Factors inhibitor that is about 1) duration of juridical data collection and 2) lack of employees, especially on the survey section, measurement, and mapping
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/988/051710430 |
Uncontrolled Keywords: | Program 70:70 dan Pelayanan Publik Berbasis Innovative Governance |
Subjects: | 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.3 Public administration of environment and natural resources > 354.34 Land and biological resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 07:10 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 12:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5819 |
Actions (login required)
View Item |