Efektivitas Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan WP Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Wonogiri)

Cahyanti, Widya (2017) Efektivitas Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan WP Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Wonogiri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PP Nomor 46 Tahun 2013 adalah peraturan pemerintah yang mengatur mengenai pengenaan PPh final dengan tarif 1% kepada WP peredaran bruto tertentu. PPh final PP Nomor 46 Tahun 2013 termasuk dalam jenis pajak pusat. Pemungutan PPh final PP Nomor 46 Tahun 2013 untuk wilayah Wonogiri dilakukan oleh KPP Pratama Sukoharjo kemudian wewenangnya dilimpahkan kepada KP2KP Wonogiri yang merupakan kepanjangan tangan dari KPP Pratama Sukoharjo dan merupakan intansi vertikal dibawah naungan Kementerian Keuangan. Sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 yang dilakukan oleh KP2KP Wonogiri bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran WP peredaran bruto tertentu dengan cara memberikan edukasi mengenai pengetahuan perpajakan baik itu hak maupun kewajiban WP. Pengukuran efektivitas sosialisasi PP Nomor 46 tahun 2013 yang dilakukan oleh KP2KP Wonogiri guna mengetahui apakah sosialisasi PP Nomor 46 tahun 2013 yang dilakukan dapat meningkatkan kepatuhan WP UMKM dilihat dari realisasi jumlah WP peredaran bruto tertentu yang melakukan pembayaran pajak, dan realisasi pelaporan SPT Tahunan PPh. Skala efektivitas dikatakan efektif jika menunjukkan hasil yang tinggi atau mendekati 100. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan sosialisasi, menganalisis pelaksanaan sosialisasi, menilai efektivitas sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 yang dilakukan oleh KP2KP Wonogiri dan mengetahui sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 yang dilakukan oleh KP2KP Wonogiri dapat meningkatkan kepatuhan WP peredaran bruto tertentu atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dimana peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi. Fokus pembahasan terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan efektivitas sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013. Hasil penelitian adalah sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 yang dilakukan oleh KP2KP Wonogiri terdiri dari tahap perencanaan dan pelaksanaan. Tahap perencanaan terdiri dari pertimbangan penentuan sosialisasi, persiapan, rencana kerja, penganggaran dana, bentuk sosialisasi, dan penentuan media sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan WP peredaran bruto tertentu Kabupaten Wonogiri. Tahap pelaksanaan terdiri dari tahap-tahapan sosialisasi, pelaksanaan sosialisasi, sikap WP peredaran bruto tertentu Kabupaten Wonogiri, pengukuran keberhasilan sosialisasi, serta faktor pendukung dan penghambat sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013. Tingkat efektivitas pembayaran pajak Kabupaten Wonogiri dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 adalah 5,24% , 25%, 41,68% dan 48,07%. Berdasarkan persentase perolehan tingkat efektivitas diatas maka diperoleh rata-rata tingkat efektivitas adalah 30% dan termasuk dalam kategori tidak efektif. Tingkat efektivitas pelaporan SPT Tahunan PPh WP peredaran bruto tertentu Kabupaten Wonogiri dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 adalah 89,47%, 86,45%, 78,39% dan 84,57%. Berdasarkan persentase perolehan tingkat efektivitas diatas maka diperoleh rata-rata tingkat efektivitas pelaporan SPT Tahunan PPh bagi WP yang memiliki peredaran bruto tertentu tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 sebesar 84,72%. Persentase efektivitas tersebut termasuk dalam kategori cukup efektif. Faktor yang mempengaruhi efektivitas antara lain : ciri organisasi, ciri lingkungan, ciri pekerja, kebijaksanaan dan praktek manajeman. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan WP dalam pemenuhan kewajiban pajak terdiri dari besarnya penghasilan yang diperoleh, adanya sanksi perpajakan yang diterapkan, persepsi WP atas pengelolaan pendapatan pajak, perlakuan perpajakan yang adil, penegakan hukum dan ketersediaan database pemerintah. Sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 dapat meningkatkan kepatuhan WP peredaran bruto tertentu, dilihat dari data peningkatan jumlah WP yang melakukan pembayaran antara tahun 2013 sampai dengan 2016 yaitu 146, 659, 769, dan 624. Jumlah peningkatan WP peredaran bruto tertentu yang melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh dari tahun 2013 sampai dengan 2016 adalah 2983, 86, 12, dan 1032. Beberapa saran atau rekomendasi yang dapat peneliti berikan pada KP2KP Wonogiri adalah penganggaran dana sosialisasi sebaiknya diperinci ke dalam masing-masing jenis sosialisasi serta jenis-jenis belanja untuk keperluan sosialisasi, bentuk sosialisasi yang dipilih sebaiknya ditambahkan bentuk sosialisasi yang lain seperti event bazar UMKM kemudian diselipkan dengan sosialisasi mengenai PP Nomor 46 Tahun 2013, serta publikasi dengan menggunakan media sosialisasi radio, materi mengenai sosialisasi ditambahkan tentang alur aliran dana pajak yang dibayarkan oleh masyarkat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat atau WP pada otoritas pajak, sasaran sosialisasi sebaiknya diperluas bukan hanya terpusat pada anggota suatu asosiasi tapi terhadap seluruh UMKM yang ada di distrik atau daerah tersebut, perlu melakukan penilaian terhadap perubahan perilaku kepatuhan WP setelah sosialisasi, menambah jumlah tenaga kerja honorer kemudian melakukan pelatihan terlebih dahulu, perlu adanya pembagian tugas yang jelas, perlu dilakukan monitoring dari Kanwil Jateng II terhadap pelaksanaan penagihan aktif oleh KPP Pratama Sukoharjo, melakukan sistem triple one.

English Abstract

Government Regulation (PP) No.46/2013 was regulating about the determination of final income tax at 1% tariff against taxpayers with certain gross circulation. This final income tax was included into the category of central tax type. The collection of this final income tax in Wonogiri Region was previously done by Tax Service Office of Pratama in Sukoharjo (KPP Pratama Sukoharjo). However, the authority of tax collection was transferred to KP2KP Wonogiri as the arm extension of KPP Pratama Sukoharjo and also the agency with direct vertical responsibility to the Ministry of Finance. The socialization about Government Regulation (PP) No.46/2013 done by KP2KP Wonogiri was aimed to increase tax compliance and tax conscience among taxpayers with certain gross circulation. It was done by educating them about taxation knowledge, including right and obligation of taxpayers. The effectiveness of socialization about Government Regulation (PP) No.46/2013 done by KP2KP Wonogiri must be measured. This measurement activity is important to ensure that the socialization about Government Regulation (PP) No.46/2013 is successfully increasing tax compliance among tax payers in Micro Small Medium Enterprises (UMKM). The measuring unit includes the realization of the submitted annual tax report for income tax. Effectiveness scale would perceive the socialization as effective if the result attained the score of 100 or approximating to it.This research attempts to analyze the planning and implementation of socialization about Government Regulation (PP) No.46/2013 done by KP2KP Wonogiri and to acknowledge whether the socialization of Government Regulation (PP) No.46/2013 done by KP2KP Wonogiri can increase compliance rate of taxpayers with certain gross circulation. Type of research was qualitative with case study approach. Data collection technique included interview and documentation. Focus of discussion was related with plannning, implementation and effectivenees of socialization about Government Regulation (PP) No.46/2013. Result of research can be explained as follows. The socialization about Government Regulation (PP) No.46/2013 done by KP2KP Wonogiri was consisting of planning and implementation stages. Planning stage concerned with determining some consideration such as socialization target, preparation, work plan, fund budgeting, socialization format, and socialization media to elucidate Government Regulation (PP) No.46/2013. All these considerations are needed to improve compliance of taxpayers with certain gross cisculation in Wonogiri Regency. Implementation stage comprised of socialization preparation, socialization execution, attitude of taxpayers with certain gross circulation in Wonogiri Regency, measurement the socialization of Government Regulation (PP) No.46/2013. The effectiveness of tax payment in Wonogiri Regency on 2013-2016 is rated at 5.24%, 25%, 41.68%, and 48.7% in each year. Based on these percentages, the means rate of effectiveness of tax payment would be 30% and it remained within non-effective category. The effectiveness of submission of annual tax report for income tax payers with certain gross in Wonogiri Regency on 2013-2016 is counted for 89.47%, 86.45%, 78.39%, and 84.57% in each year. Based on these percentages, the means rate of effectiveness of tax report submission would be 84.72%. This percentages point belongs to quiet effective category. Some factors are infuencing the effectiveness of tax report submission, such as organizational characteristic, evironmental characteristic, worker characteristic, and managerial policy and practice. Several factors have influenced taxpayers tax compliance to fulfill their obligation and it includes management of tax revenue, fair treatment of taxation, law enforcement, and governmental database availability. The socialization of Government Regulation (PP) No.46/2013 has increased tax compliance among taxpayers with certain gross circulation, and it was proved by the increasing number taxpayers with tax settlement in 2013-2016, which is rated for each year as: 146, 659, 769, and 624. The number of taxpayers with certain gross circulation who submit the annual tax report of income tax 2013-2016 has also been increasing to 2983, 86, 12, and 1032. The author has given some suggestion or recomendation to KP2KP Wonogiri. The budgeting for socialization funding must be detail and then be divided properly into expense types related with socialization. The socialization format should be precise and be possible to be used in combination with other format such as UMKM bazar event. The socialization of Government Regulation (PP) No.46/2013 can be inserted as specific agenda. The publication of Government Regulation (PP) No.46/2013 may use radio station. Socialization targets must be enchanced not only covering central area or organizational members, but also entailing all UMKM in relevant district or region. The change of taxpayers behavior after socialization should be assessed. The number of volunteers (freelancers) must be increased and also be subjected to training session. The assignments are allocated clearly and properly, and it could be ensured by the monitoring activity from Region Office, in this case, The Second Level Office for Central Java (Kanwil DJP Jateng II) to watch over the active collection activity conducted by KPP Pratama Sukoharjo. Triple one System may be wise option in this case.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/710/051708397
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013, Kepatuhan WP peredaran bruto tertentu.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.207 Business taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:27
Last Modified: 15 Oct 2020 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5795
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item