Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Intern (SPI) terhadap Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sebagai Pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) (Studi pada KPPN Malang)

Mahmudah, Reny Rifangatul (2017) Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Intern (SPI) terhadap Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sebagai Pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) (Studi pada KPPN Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan suatu kewajiban kenegaraan berupa pengabdian serta peran aktif warga Negara untuk membiayai keperluan Negara berupa pembangunan nasional. Pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengawasan terhadap instansi pemerintah. Pengawasan bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penyelewengan, karena tindakan penyelewengan dapat mengindikasikan kinerja yang kurang optimal, oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat mengawasi kinerja instansi. Sistem Pengendalian Intern (SPI) merupakan kebijakan yang di buat untuk menjaga kinerja agar tetap tertib dan kendali. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang merupakan salah satu instansi pemerintah yang menerapkan SPI. KPPN Malang melaksanakan tugas perbendaharaan negara, tetapi juga memiliki kewajiban sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti memfokuskan pembahasan mengenai penerapan SPI di KPPN Malang, kinerja KPPN Malang, kinerja KPPN Malang sebagai pemungut PPN, keterkaitan antara SPI dengan kinerja KPPN Malang, dan keterkaitan antara SPI dengan kinerja KPPN Malang sebagai pemungut PPN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SPI di KPPN Malang sudah baik dan ideal karena sudah memenuhi unsur-unsur pokok SPI. Kinerja KPPN Malang berdasar hasil pengamatan dapat dikatakan baik karena telah berhasil dalam mencapai target-target yang ditetapkan dalam Indikator Kinerja Utama (IKU). Sedangkan kinerja KPPN Malang sebagai pemungut PPN, dalam hal pemungutan dan penyetoran sudah dilaksanakan sesuai Lampiran Peraturan Menteri Keuangan Nomor 563/KMK.03/2003, tetapi untuk pelaporannya KPPN Malang belum melaksanakan sesuai peraturan yang berlaku dikarenakan pegawai yang bertugas memungut PPN tidak dapat mengoperasikan aplikasi e-filling. Keterkaitan antara SPI dan kinerja KPPN Malang yaitu penerapan SPI berfungsi mengawasi kinerja pegawai agar selalu berpedoman terhadap peraturan yang ada, penerapan SPI berupa aplikasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dapat meningkatkan kinerja pegawai menjadi lebih teliti dan lebih akurat, selain itu unsur-unsur SPI juga berperan dalam meningkatkan kinerja KPPN Malang. Sedangkan keterkaitan antara SPI dengan kinerja KPPN Malang sebagai pemungut PPN yaitu, pemungut PPN memiliki pengendalian yang berbeda karena mengacu pada peraturan perpajakan, tetapi karena masih menjadi bagian KPPN Malang maka dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya akan diawasi oleh SPI yang diterapkan di KPPN Malang.

English Abstract

Tax is a state obligation in the form of dedication and the active role of citizens to finance the needs of the State in the form of national development. Implementation of national development required supervision of government agencies. Supervision aims to minimize the occurrence of fraud, because the act of fraud can indicate a less than optimal performance, therefore required a system that can oversee the performance of agencies. Internal Control System (SPI) is a policy that is made to keep the performance in order to remain order and control. Office of the State Treasurer Service (KPPN) Malang is one of the government agencies that apply SPI. KPPN Malang performs the state treasury duties, but also has the obligation as a Value Added Tax (VAT) collector. The type of research used by researchers is qualitative research with data collection methods through observation, documentation and interview. Data analysis used is data reduction, data presentation and conclusion. Researchers focused the discussion on the implementation of SPI on KPPN Malang, KPPN Malang performance, KPPN Malang performance as a VAT collector, the linkages between SPI and KPPN Malang performance, and the linkages between SPI and KPPN Malang performance as a VAT collector. The results of this study indicate that the application of SPI in KPPN Malang is good and ideal because it meets the main elements of SPI. KPPN Malang performance based on observation can be good because it has succeeded in achieving the targets set in Key Performance Indicator (IKU). While KPPN Malang performance as a VAT collector, in the case of collection and deposit has been implemented in accordance with Attachment to Regulation of the Minister of Finance No. 563 / KMK.03 / 2003, but for the reporting KPPN Malang has not implemented according to the rules applicable due to employees in charge of collecting VAT can not operate e-filling application. The linkage between SPI and performance KPPN Malang, implementation of SPI function supervise performance of employees to be always based on the existing regulations, the implementation of SPI in the form of application Treasury System and the State Budget (SPAN) can improve employee performance becomes more thorough and more accurate, in addition SPI elements also play a role in improving KPPN Malang performance. While the relationship between the SPI with the KPPN Malang performance as a VAT collector is, the VAT collector has a different control because it refers to the tax regulations, but because it is still part of the KPPN in Malang, in carrying out its duties and obligations will be supervised by SPI applied in KPPN Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/709/051708396
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern, Kinerja, Pemungut Pajak Pertambahan Nilai
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:20
Last Modified: 25 Nov 2020 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5794
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item