Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar

Devi, Fuji Melisa (2017) Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organisasi seharusnya mampu memberikan kesibukan bagi mahasiswa dan dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Tidak semua mahasiswa yang ikut dan aktif organisasi dapat melakukan menajemen waktu yang baik, sehingga dapat membagi waktu organisasi dengan waktu belajar. Banyak mahasiswa yang menganggap ikut organisasi membuat prestasi belajar jadi jelek, motivasi belajar jadi menurun dan tidak ada manfaat yang langsung di dapat saat mengikuti organisasi. Padahal dengan adanya organisasi dapat menambah teman, pengalaman serta dapat meningkatkan motivasi belajar dan terciptalah prestasi belajar yang memuaskan. Dengan demikian, seorang mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan melakukan kesungguhan dalam belajar sehingga dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Tumbuhnya semangat maju dan berprestasi, berdasarkan fakta dan banyak pengalaman, bennula dan organisasi mahasiswa. Organisasi mahasiswa menjadi bagian vital dalam dunia akademik kampus yang membantu perguruan tinggi mencetak intelektual muda unggul. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian explanatory. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Jalan Mayjen Haryono No. 263 Malang dengan pertimbangan mahasiswa yang akan dijadikan responden merupakan mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang angkatan tahun 2014 sampai dengan 2016 dan Aktif Organisasi (Himapajak dan Tax Center). Hasil dan analisis data Hasil Uji statistik t antara variabel Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi (X1) dengan variabel Prestasi Belajar (Y) menunjukkan t -hitung = 3,603. Karena t -hitung > ttabel yaitu 3,603 > 1,992 atau nilai sig t (0,001) < a = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keaktifan Mahasiswa dalam organisasi (Xi) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar (Y) mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Hasil uji Uji statistik t antara variabel Motivasi Belajar (X)) dengan variabel Prestasi Belajar (Y) menunjukkan thttung = 7,701. Karena thitung ttabel yaitu 7,701> 1,2 atau nilai sig t (0,000) < a = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar (X,7) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

English Abstract

Organizations should be able to provide busy for students and can improve student academic achievement. Not all students who participate and active organizations can perform good time management, so as to divide the organization time by studying time. Many students who consider joining the organization make learning achievement so ugly, learning motivation so decreased and there is no direct benefit in the can when following the organization. Whereas with the organization can add friends, experience and can improve motivation to learn and created a satisfactory learning achievement. Thus, a student who has a high learning motivation will do seriousness in learning so that it can affect student achievement. The growing spirit of progress and achievement, based on facts and many experiences, bennula and student organizations. The student organization becomes a vital part of the academic world of college that helps colleges to create superior young intellectuals. The type of research conducted by researchers is the type of explanatory research. This research was conducted at Faculty of Administrative Sciences Universitas Brawijaya, Jalan Mayjen Haryono no. 263 Malang with the consideration of the student who will be the respondent is a student of Taxation Study Program of Faculty of Administration Universitas Brawijaya. Population in this research is active student of Taxation Study Program Faculty of Administrative Science Universitas Brawijaya Malang force year 2014 until 2016 and Active Organization (Himapajak and Tax Center). Result and data analysis Result of t statistic test between variable of Student Activity in Organization (X1) with Learning Achievement variable (Y) show t-count = 3,603. Because t-count> ttable is 3.603> 1.992 or sig t value (0.001) <a = 0.05. The results showed that Student Activity in the organization (Xi) has a significant effect on Student Achievement (Y) student Taxation Study Program Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University Malang. Test result Test statistic t between variables Motivation Learning (X)) with the variable Achievement Learning (Y) shows thttung = 7,701. Because thitung ttabel is 7,701> 1,2 or sig t value (0,000) <a = 0.05. The results showed that learning motivation (X, 7) has a significant effect on Student Achievement (Y) student Taxation Study Program Faculty of Administrative Sciences Universitas Brawijaya Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/973/051710415
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.1 International party organizations, auxiliaries, activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:18
Last Modified: 05 Oct 2020 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5755
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item