Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Vans Indonesia Yang Menggunakan Sepatu Merek Vans)

Satria, Rizkynata Adam (2017) Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Vans Indonesia Yang Menggunakan Sepatu Merek Vans). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kemudahan dalam mencari dan berbagi informasi di jaman yang serba terhubung seperti sekarang yang berdampak pada perubahan gaya hidup pada masyarakat yang semakin aktif terhubung pada media online. Instagram hadir sebagai sebuah media sosial berbasis mobile photography yang menghubungkan manusia dan merubah gaya hidup masyarakat. Masyarakat kini memiliki kebiasaan untuk mem-posting atau mengunggah foto/video mereka di Instagram di mana saja dan kapan saja. Secara tidak langsung kebiasaan tersebut berdampak kepada pengguna Instagram lainnya. Mereka secara sadar maupun tidak sadar telah diterpa oleh media sosial Instagram melalui unggahan yang ada di dalamnya. Terpaan media sosial Instagram tersebut dapat diartikan sebagai pandangan seorang pengguna Instagram yang diterpa oleh isi/informasi serta bagaimana isi/informasi dalam Instagram menerpa pengguna Instagram tersebut. Terpaan tersebut juga dapat berpengaruh dalam dunia pemasaran yaitu dalam membuat keputusan pembelian. Hal tersebut terjadi ketika seseorang membagikan berbagai macam informasi melalui suatu unggahan di Instagram dan baik sengaja maupun tidak pengguna Instagram lainnya yang kebetulan sebagai calon konsumen melihat unggahan tersebut dan akhirnya dapat terpengaruhi keputusan pembeliannya. Konsumen yang semakin pintar dan kritis dalam memutuskan pembelian suatu produk di jaman yang serba terhubung seperti sekarang, akan dihadapkan dalam berbagai macam pilihan. Konsumen akan mengukur nilai-nilai mana saja yang lebih menguntungkan baginya, serta yang sepadan dengan usaha yang dikeluarkannya. Nilai-nilai yang diukur konsumen tersebut dalam dunia pemasaran disebut dengan Perceived Value. Vans hadir sebagai brand sepatu yang digemari oleh kalangan pemuda sejak tahun 1975 sampai sekarang. Vans selalu menawarkan nilai-nilai baik yang dimilikinya terhadap setiap produknya. Desainnya yang menarik serta kenyamanan dan fungsinya yang dapat digunakan dalam berbagai aktivitas, menjadi salah satu alasan mengapa sepatu Vans banyak digemari kalangan pemuda. Selain itu, Vans memiliki akun resmi Instagram yang bernama “Vans Indonesia” dan merupakan salah satu brand sepatu yang memiliki followers terbanyak dibandingkan brand lainnya. Terhitung sampai sampai bulan April 2017 akun tersebut telah memiliki 393 ribu pengikut, serta penggunaan hashtags #vans sampai bulan april 2017 juga terdapat 13 juta unggahan yang berisikan berbagai informasi di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Terpaan Media Sosial Instagram (X1) dan Perceived Value (X2) baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian vi (Y) sepatu Vans, serta mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap proses keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden yang merupakan followers akun Vans Indonesia dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner secara online. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel-variabel bebas meliputi Terpaan Media Sosial Instagram (X1) dan Perceived Value (X2) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat yaitu Proses Keputusan Pembelian (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 37,498 dengan signifikansi F sebesar 0,000 (p < 0,05). Besarnya kontribusi dari kedua variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap proses keputusan pembelian adalah 38,8%, sedangkan sisanya 61,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain itu, dapat diketahui juga terdapat pengaruh secara parsial dari kedua variabel bebas tersebut meliputi Terpaan Media Sosial Instagram (X1) dan Perceived Value (X2) terhadap variabel terikat yaitu Proses Keputusan Pembelian (Y), serta ditemukan juga bahwa variabel Perceived Value (X2) memiliki pengaruh yang dominan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

This research is based on the easier of seeking and sharing information in nowadays connectivity era that influences people’s lifestyles to more getting actively connect on social media. Instagram comes as a social media mobile-based photography that connects people and changes people’s lifestyles. Peoples nowadays has a habit to posting their picture or video on Instagram anywhere and anytime as they wanted. Because of this habit, other Instagram user’s more likely get influences by their post. They can actually aware or not aware been expose by the post on Instagram. Social media Instagram exposure can be defines as the view of an Instagram user who been expose by the content or information on Instagram and how that content or information can expose them. This exposure in the term of marketing, can influences consumers buying decision. This happens when someone who is Instagram user shares a variety of information through an Instagram post and somehow by intentionally or accidently other users as a potential consumer seeing the post and finally get influenced on their buying decision. Consumers nowadays are getting smarter and critical in buying deision. As the impact of the connectivity era, they will face so many options on their buying decision. Consumers will measure what value are more profitable for them and which ones is worth it with the effort they did. This value in the term of marketing is called Perceived Value. Vans comes as one of a shoes brand that favored by the youth since 1975. They always offer so many good values on each of their product. The attractive design, its comfort and its function that can be used in various activities, became one of the reasons why Vans always favored among the youth. In addition, Vans has an official Instagram account that called “Vans Indonesia” that have the most followers on Instagram compared to other shoes brands. As of April 2017, this account already has 393.000 followers as well as the use of hashtags #vans also has 13 million post that contain various information about this popular shoes. The purpose of this research is to find and explain the impact of Social Media Instagram Exposure (X1) and Perceived Value (X2) either simultaneously and partially on Purchase Decision Process (Y), and also to find which variable has dominant influence on Purchase Decision Process. The type of this research used explanatory research with quantitative approach. The sample used amounted to 116 respondents which is followers of Vans Indonesia by using online questionnaire as data collection method. Multiple linear regression and partial regression are used for data analysis for this research. The results of multiple linear regression analysis show that the independent variables include Social Media Instagram Exposure (X1) and viii Perceived Value (X2) has an influence on the dependent variable that is Purchase Decision Process (Y). This is indicated by the value of F count 37,498 with Sig. F 0,000 (p < 0,05). The value of contribution from both independent variables are simultaneously has 38,8% to Consumers Buying Decision, while the remaining 61,2% influenced by other variables that not examined in this research. In addition, it also seen that both independent variables include Social Media Instagram Exposure (X1) and Perceived Value (X2) has partial influence on Purchase Decision Process (Y). Moreover, it also found that the variable Perceived Value (X2) has a dominant influence on the Purchase Decision Process (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/895/051710356
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:47
Last Modified: 16 Oct 2020 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5744
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item