Penyebab Dan Dampak Fenomena Bankonka Pada Tokoh Tachibana Miyabi Dalam Serial Drama Watashi Kekkon Dekinainjanakute, Shinaindesu Karya Sutradara Ayuko Tsukahara Dan Toshio

Inayatusholeha, Jannatul (2017) Penyebab Dan Dampak Fenomena Bankonka Pada Tokoh Tachibana Miyabi Dalam Serial Drama Watashi Kekkon Dekinainjanakute, Shinaindesu Karya Sutradara Ayuko Tsukahara Dan Toshio. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena bankonka banyak terjadi belakangan ini di negara Jepang. Banyak dari masyarakat Jepang terutama wanita Jepang yang memilih untuk menunda menikah. Hal tersebut tercermin dalam drama Watashi kekkon dekinainjanakute, shinain desu. Terdapat salah satu tokoh bernama Tachibana Miyabi yang melakukan bankonka. Penulis akan meneliti tentang faktor apa saja yang menyebabkan tokoh tersebut melakukan bankonka, serta dampak yang ditimbulkan terhadap tokoh tersebut. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah sosiologi sastra menurut Ratna Kutha yaitu menganalisis masalah sosial yang terkandung dalam karya sastra dan menghubungkan dengan kenyataan yang terjadi yang disebut dengan refleksi (cerminan atau gambaran). Hal ini sesuai dengan masalah yang diteliti yaitu mendeskripsikan penyebab dan dampak dari fenomena bankonka yang tercermin pada tokoh Tachibana Miyabi. Selain itu penulis juga menggunakan teori mise-en-scene untuk membantu menganalisis adegan-adegan yang menggambarkan penyebab dan dampak bankonka dari segi gambar. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penyebab tokoh Tachibana Miyabi melakukan bankonka yang ditunjukkan melalui perkataan maupun tingkah laku, yaitu pendidikan yang tinggi, memiliki pekerjaan bagus, tidak ingin melakukan miai kekkon, menginginkan renai kekkon, melakukan hubungan seksual tanpa ikatan pernikahan, new single concept, dan kriteria yang tinggi dalam mencari pasangan. Sedangkan dampak dari bankonka pada tokoh Tachibana Miyabi yaitu konkatsu merupakan kegiatan yang dilakukan untuk bisa menikah (ajang perjodohan). Penulis menyarankan pada penelitian berikutnya untuk meneliti salah satu tokoh yang bernama Ryoutaro yang memiliki peran sebagai フリーター (freeter) dalam drama ini. Namun bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang fenomena bankonka, dapat meneliti menggunakan drama kazoku no katachi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/365/051705500
Uncontrolled Keywords: Bankonka, Drama, Watashi Kekkon Dekinainjanakute Shinaindesu, Sosiologi Sastra
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:07
Last Modified: 11 Feb 2022 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/572
[thumbnail of SKRIPSI-JANNATUL INAYATUSHOLEHA- 125110600111017.pdf] Text
SKRIPSI-JANNATUL INAYATUSHOLEHA- 125110600111017.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item