Pengaruh Faktor Perilaku Dan Faktor Kontekstual Terhadap Niat Berwirausaha (Survei pada Mahasiswa Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Telah Menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan)

Rahmawati, Tri (2017) Pengaruh Faktor Perilaku Dan Faktor Kontekstual Terhadap Niat Berwirausaha (Survei pada Mahasiswa Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Telah Menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama sama variabel faktor perilaku (X1), dan faktor kontekstual (X2), terhadap niat berwirausaha; (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial variabel faktor perilaku (X1), dan faktor kontekstual (X2), terhadap niat berwirausaha; (3)untuk mengetahui variabel yang dominan dari kedua variabel yang diteliti antara variabel faktor perilaku (X1), dan faktor kontekstual (X2) terhadap niat berwirausaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi variabel faktor perilaku, dan faktor kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang telah menempuh mata kuliah kweirausahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa variabel faktor perilaku (X1) memiliki pengaruh sebesar 0,278 , variabel faktor kontekstual (X2) mempengaruhi sebesar 0,218 , dan dapat disimpulkan bahwa variabel faktor perilaku dan variabel faktor kontekstual berpengaruh positif terhadap niat berwirausaha (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama antar variabel bebas dan variabel terikay dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 48,696 > 3,101. Berdasarkan hasil uji t di dapatkan hasil bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan secara parsial yaitu variabel faktor perilaku (X1) memiliki nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 4,754 > 1,988, variabel faktor kontekstual (X2) memiliki nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 2,954 > 1,988. Hasil tersebut membuktikan bahwa faktor perilaku dan faktor kontekstual dapat mempengaruhi niat berwirausaha yang dalam hal ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan.

English Abstract

This study aims to (1) Determine and analyzed the effect together of behavior factors variable and kontekstual factors variable toward entrepreneurial intention (2) Determine and analyzed the partial effect of behavior factors variable and contextual factors variable toward entrepreneurial intention (3) to determine the dominant variable which influencing entrepreneurial intention. This type of research is explanatory research with quantitative approach. The variables studied incude behavioral factors and contextual factors. Population in this research is student Student Of Business Administration Department Of Brawijaya University Forces 2014 And 2015 Who Has Taken The Entrepreneurship Course. The sampleused in this study were 90 respondents to the questionnaier research instruments. The sampling technique used is random sampling. Analysis of the data used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result of multiple linear analysis shows that the behavioral factor variable (X1) has an effect of 0.278, the contextual factor variable (X2) affects 0,218, and it can be concluded that behavioral factor and contextual factor variable have positive effect to entrepreneurship intention (Y). Based on the results of F test shows that there is a significant influence simultaneously between the independent variables and dependent variables with the value Fcount> Ftable is 48.696> 3.101. Based on the result of T test, found that all independent variables have a significant influence partially, that is the variable of behavior factor (X1) has Tcount> Ttable that is 4,754> 1,988, contextual factor variable (X2) has Tcount> Ttable that is 2,954> 1,988. These results prove that behavioral factors and contextual factors can affect the intention of entrepreneurship in this case is student Business Studies Program Force 2014 and 2015 Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University who have taken entrepreneurship courses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/931/051710373
Uncontrolled Keywords: faktor perilaku, faktor kontekstual, niat berwirausaha
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Nov 2017 06:22
Last Modified: 08 Dec 2020 05:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5543
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item