Ariesta, Isidora Trivina (2017) Manajemen Isu Government Public Relations oleh Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat Terhadap Penanganan Isu Jumlah Data Fiktif PNS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi manajemen isu yang dilakukan oleh Biro Humas BKN dalam menanggapi pemberitaan terkait jumlah data fiktif Pegawai Negeri Sipil (PNS).Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang berasal dari pemberitaan negatif di media terkait isu jumlah data fiktif PNS pada salah satu instansi pemerintahan Indonesia yaitu Badan Kepegawaian negara (BKN) pusat. Penyebab munsulnya isu tersebut karena masih banyaknya PNS fiktif dari hasil akhir pendalaman data e-PUPNS. Dampak dari munculnya isu tersebut adalah adanya anggapan dari publik bahwa BKN belum optimal dalam menjalankan program e-PUPNS sehingga mempengaruhi kredibilitas BKN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menghasilkan deskripsi secara sistematis, faktual, akurat mengenai fakta atau kejadian yang menjadi topik penelitian. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan penulis dengan wawancara dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah staff Biro Humas BKN yang terlibat langsung dalam penanganan isu.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Biro Humas BKN melakukan semua tahapan dalam strategi manajemen isu yaitu identifikasi, analisis, perencanaan, implementasi strategi dan evaluasi. Namun, Biro Humas BKN masih bersifat situasional dan langkah penanganan isu di instansi pemerintahan cenderung terbatas.
English Abstract
This study aims to identify and describe the issue management strategy undertaken by the Bureau of Public Relations BKN in responding to the news related to the amount of fictitious data of Civil Servants (PNS). This research is background of the problem that comes from negative news in the media related about amount of fictitious data of civil servants on One of Indonesian government agency is Head Office Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Cause of the issue due there are still many fictitious PNS from the end of update e-PUPNS. The impact of the emergence of the issue is the assumption from public that BKN has not been optimal in running e-PUPNS program thus affecting BKN credibility. This research uses qualitative descriptive method that aims to produce a systematic, factual, and accurate description of the facts or events that become research topics. Data collection techniques in this research uses interviews and documentation. Informants in this research were BKN Public Relation staff who were directly involved in handling the issue. The results of this study showed that the BKN Public Relations Bureau performed all stages in the strategy of issue management were identification, analysis, Strategy implementation and evaluation. However, BKN Public Relations Bureau is still situational and of handling issues in government agencies tends to be limited.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/949/051711282 |
Uncontrolled Keywords: | manajemen isu, Humas Pemerintah, good governance, e-PUPNS |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 06:45 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5464 |
Text
Muhammad Fais Fajari.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |