Keabsahan Penutupan Perjanjian Asuransi Melalui Media Komunikasi Jarak Jauh

Saputra, Adhitya Handie (2017) Keabsahan Penutupan Perjanjian Asuransi Melalui Media Komunikasi Jarak Jauh. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin tingginya minat kepada produk asuransi, semakin tinggi pula orang yang menghendakinya tanpa pengetahuan yang mendasar. Pemahaman terhadap produk asuransi berguna untuk menjauhkan adanya kemungkinan kesalahpahaman dan kondisi tidak menyenangkan yang dapat menimpa tertanggung maupun pihak asuransi di kemudian hari. Pembelajaran mengenai keilmuan dan pemahaman yang paling mendasar tentang asuransi penting dipelajari terlebih dahulu sebelum akhirnya calon tertanggung berminat dan menyatakan setuju untuk menjadi tertanggung dalam suatu produk asuransi. Masalah yang timbul ketika suatu perjanjian asuransi diadakan secara jarak jauh tanpa disertai tatap muka. Nasabah tidak akan mendapatkan penjelasan secara detail dari pihak penerbit asuransi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk melakukan penutupan Perjanjian Asuransi hingga risiko dari penutupan tersebut, sehingga terjadi ketidak jelasan apa yang kemudian menjadi hak dan kewajiban yang harus dipenuhi nasabah dan apabila Perjanjian Asuransi tersebut tidak dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Permasalahan pokok yang dikaji adalah : Bagaimana keabsahan penutupan Perjanjian Asuransi yang dilakukan secara jarak jauh tanpa disertai tatap muka menurut Peraturan yang mengatur tentang Perasuransian di Indonesia; Bagaimana tanggung jawab Pelaku Usaha Jasa Keuangan atas Kerugian konsumen yang disebabkan oleh perjanjian yang dilakukan secara jarak jauh tanpa disertai tatap muka menurut Hukum di Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan untuk meneliti permasalahan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan terkait keabsahan penutupan polis asuransi melalui media komunikasi jarak jauh. Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dikumpulkan dari peraturan perundang-undangan, buku-buku hukum, dan dari studi kepustakaan yang ada hubungannya dengan keabsahan penutupan Perjanjian Asuransi secara jarak jauh. Hasil penelitian menyatakan bahwa Proses Penutupan Perjanjian Asuransi melalui media komunikasi jarak jauh tanpa disertai tatap muka dapat dimintakan pembatalan kepada Hakim karena tidak memenuhi syarat subjektif dalam syarat sahnya perjanjian yaitu kesepakatan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1320 KUH Perdata. Pelaku usaha yang melakukan pelanggaran karena tidak dilaksanakannya pemberian ganti rugi oleh para pelaku usaha kepada konsumen, dalam bentuk pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis, maupun perawatan kesehatan atau pemberian santunan atas kerugian yang diderita oleh konsumen, ganti rugi tersebut diperoleh konsumen dikarenakan pelaku usaha telah melalaikan kewajibannya perihal memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan akan dikenakan Sanksi sebagaimana diatur dalam pasal 60 sampai dengan 63 Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

English Abstract

Increased of the interest in insurance products was followed by the people who want it without basic knowledge. Should be understood correctly about the most basic knowledge and understanding of the procedure, the purchase process, the claim submission process, and how the process of closing the insurance policy which is useful to avoid the possibility of misunderstandings and unpleasant conditions that happen to the insured or the insurance in the future. Learning the knowledge and understanding of the most fundamental about insurance is the most important step before you finally interested and agreed to become the insured in an insurance product. Problems arising when an insurance agreement is held by long distance communication media without face-to-face are the customer will not get a detailed explanation from the issuer of the insurance regarding to the things that need to be done to close the insurance agreement until the risk of that closing, so there is unclear condition about what is the rights and responsibilities that must be fulfilled by the customer when the insurance agreement is not done by face to face directly. The main issues that studied are: How is the validity of closing the policy that done by long distance communication media without face to face directly according to the Regulation of Insurance in Indonesia; How is the responsibility of Business Service Performer for Customer Losses caused by the agreement that made with long distance communication media without face to face according to the Law in Indonesia. The method that used in this research is a normative legal research with the approach of legislation related to the validity of the closing of insurance policies through the long distance communication media. Primary and secondary legal materials are collected from legislation, law books, and library studies that relate to the validity of long-term coverage of the Insurance Agreement. The result of the research stated that closing process of insurance agreement through long distance communication media without face to face can be requested cancellation to the Judge for not meeting the subjective requirements in the terms of the validity of the agreement as mentioned in clause 1320 of the Civil Code. . Business performer who commited an offense because of the non-implementation of compensation to the consumers, in the form of refunds or replacement of goods, or health care, or compensation for losses that suffered by consumers. All that compensation is obtained by consumers because business performer have neglected their obligation to provide information that is true, clear and honest regarding to the conditions and warranties of goods or services and provide explanations of use, repair and maintenance shall be liable to sanctions as provided in clause 60 to 63 of the Consumer Protection Legislation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.086/SAP/k/2017/041709416
Uncontrolled Keywords: INSURANCE LAW, BUSINESS COMMUNICATION, INSURANCE POLICIES
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.08 Banks and insurance > 346.086 Insurance
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:54
Last Modified: 29 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5402
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item