Personal Branding dalam politik Elektoral: (Analisis Tekstual dalam tayangan Debat Politik Sebagai Strategi Personal branding dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017)

Harumi, Dhestiara Putri (2017) Personal Branding dalam politik Elektoral: (Analisis Tekstual dalam tayangan Debat Politik Sebagai Strategi Personal branding dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Personal branding adalah suat konsep bagaimana kita memasarkan diri kita pada orang lain secara sistematis. Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menggunakan personal branding sebagai cara untuk menarik perhatian audiencenya. Tujuan dari Personal branding adalah agar masyarakat luas semakin mengenal kandidat, menampilkan keunggulan kompetitif dibanding kandidat lain (pembeda). Penelitian ini menggunakan konsep managemen ipmresi sebagai cara Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melakukan personal branding terhadap audiencenya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi melalui personal branding yang dilakukan kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan dan sandiaga Uno dalam debat Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah pemaparan hasil analisis terhadap komponen-komponen klasifikasi personal branding seperti gesture, intonasi, performance Melalui interpretasi gambar-gambar yang diambil peneliti dalam tayangan debat politik DKI Jakarta yang kemudian di analisis berdasarkan analisis tekstual dan perspektif teori managemen impresi pengelolaan kesan yang digunakan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam debat politik DKI Jakarta tahun 2017. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah pemaparan hasil analisis terhadap komponen-komponen klasifikasi personal branding seperti gesture yang digunakan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalan debat meliputi gerakan mata, ekspresi wajah dan juga gerakan tangan. Intonasi dan gaya bahasa yang digunakkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam debat adalah Anies dan Sandiaga menggunakan sikap sopan santun, juga sangat bisa menekan emosinya apabila sedang berbicara di publik. Performance yang meliputi atribut yang dikenakan, Atribut yang digunakan oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada saat debat adalah pakaian putih dengan celana cokelat dan juga menggunakan peci sebagai identitas yang mereka tunjukkan kepada audiens. Melalui interpretasi gambar-gambar yang diambil peneliti dalam tayangan debat politik DKI Jakarta yang kemudian di analisis berdasarkan analisis tekstual dan perspektif teori managemen impresi pengelolaan kesan yang digunakan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam debat politik DKI Jakarta tahun 2017.

English Abstract

Personal branding is a concept of how to market yourself to others in a systematic way. Anies Baswedan and Sandiaga Uno use personal branding as a way to attract the attention of their audiences. The purpose of personal branding is to make people more familiar with candidates, displaying competitive advantage over other candidates (differentiators). This study uses the concept of ipmression management as the way Anies Baswedan and Sandiaga Uno perform personal branding to the audience. This research is to know how communication strategy through personal branding conducted by candidate pair of governor candidate and vice governor Anies Baswedan and sandiaga Uno in debate of governor of DKI Jakarta year 2017. The result of this research is exposure of analysis result to components of personal branding classification like gesture , Intonation, performance Through the interpretation of the drawings taken by researchers in the debate of DKI Jakarta's political debate which was then analyzed based on textual analysis and the perspective of impression management impression management theory used by Anies Baswedan and Sandiaga Uno in the debate of DKI Jakarta in 2017. The results of this research are the exposure of the analysis to the components of the classification of personal branding such as gestures used Anies Baswedan and Sandiaga Uno in debate covering eye movement, facial expressions and hand movements. Intonation and style of language used by Anies Baswedan and Sandiaga Uno in the debate are Anies and Sandiaga using polite attitudes, as well as being able to suppress their emotions when speaking in public. Performance that includes attributes imposed, Attributes used by Anies Baswedan and Sandiaga Uno at the time of the debate are white clothing with brown pants and also use the peci as the identity they show to the audience. Through the interpretation of the drawings taken by researchers in the debate of DKI Jakarta's political debate which was then analyzed based on textual analysis and the management perspective of Impression Impression Management impression used by Anies Baswedan and Sandiaga Uno in the debate of DKI Jakarta in 2017.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/888/051711221
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Debat, Anies Bawedan, Sandiaga Uno, Manajemen impresi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:07
Last Modified: 24 Jun 2024 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5345
[thumbnail of DHESTIARA PUTRI HARUMI.pdf] Text
DHESTIARA PUTRI HARUMI.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item