Saputra, Setiawan Tri (2017) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei Pada Mahasiswa Fakulta Silmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kualitas produk yang terdapat di iPhone sangat mengesankan jika dibandingkan dengan merk smartphone lain. Seseorang memutuskan membeli smartphone khususnya iPhone didasari oleh beberapa alasan salah satunya adalah kualitas produk, hal tersebut akan berdampak pada kepuasan yang dirasakan konsumen. Market share iPhone terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan hanya mengalami penurunan satu kali ditahun 2016. Hal ini yang menjadi alas an untuk melakukan penelitian tentang keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan produk iPhone dan sebanyak 104 orang responden yang dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analays. Hasil penelitian menunjukkan bahwakualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai (p = 0,000 < 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,381, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai (p = 0,000 < 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,477, kemudian keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai (p = 0,000 < 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,428.
English Abstract
The research is done because the product quality in iPhone is very impressing if compared with other smartphone. Someone decided to buy smartphone especially iPhone based on several reasons such as product quality, it will impact to the satisfaction felt by consumer. Market share of iPhone increases each year and only decrease once in 2016. It become the reason to do research about buying decision. The used research is exploratory research with quantitative approach. The research location at the Administrative Faculty of Brawijaya University. The population of research all students of Administrative Faculty, Brawijaya University Malang that use iPhone and 104 respondents become the samples of research. The data collection done by distributing questionnaires data analysis by Path analysis. The research results show that product quality significant to customer satisfaction with the value of (p = 0,000 < 0,05) and value of 0,381 the coefficients, product quality significant of the decision a purchase with the value of (p = 0,000< 0,05) and value of 0,477 the coefficients, then decision the purchase significant to customersatisfaction with the value of (p = 0,000< 0,05) and value of 0,428 the coefficients.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/936/051710378 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas produk, Keputusan pembelian, Kepuasan konsumen. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 04:15 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 14:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5344 |
Actions (login required)
View Item |