Reformasi Administrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelaksananaan Paten Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )

Andari, Asri Putri (2017) Reformasi Administrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelaksananaan Paten Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan salah satu upaya pelayanan badan pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang ditujukan untuk keefisienan pelayanan administrasi masyarakat. Sistem ini menunjukkan adanya sebuah reformasi administrasi dalam pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien dikarenakan dalam pelayanan tersebut telah menerapkan pelayanan di satu tempat yang di tangani oleh satu bidang, yaitu bidang pelayanan umum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, ada beberapa fokus yang terdpat dalam penelitian ini, yaitu: (1) pelaksanaan reformasi administrasi dalam pelayanan publik di Kecamatan Lowokwaru yang meliputi bentuk reformasi, tahapan, evaluasi indeks kepuasan masyarakat, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat. Lokasi penelitian terletak di Kota Malang dengan situs penelitian pada Kecamatan Lowokwaru dengan alasan peneliti mengambil lokasi tersebut karena saat ini pada kantor Kecamatan Lowokwaru pelayanan publik yang diselenggarakan dapat dinilai telah akuntabel dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai reformasi administrasi yang dilakukan menunjukkan reformasi administrasi yang dilakukan di Kecamatan Lowokwaru dikatakan sangat efektif karena semua proses layanan dilakukan oleh 1 bidang yaitu pada bidang Pelayanan Umum.Mutu Pelayaanan yang dilakukan oleh aparat Kecamatan Lowokwaru dalam pelayanan publik dikatakan baik, karena terdapat 12 unsur pelayanan dari 14 yang memiliki nilai IKM <3.26. Sumber daya manusia di Kecamatan Lowokwaru secara kuantitas berkurang dari 36 menjadi 32, tetapi secara kualitas meningkat dengan adanya sumber daya manusia berpendidikan S2 dari 1 menjadi 5. Namun, belum adanya sarana dan prasarana di Kecamatan Lowokwaru seperti peningkatan kapasitas generator, ruang bebas rokok tempat untuk ibu meyusui. Terdapat kejadian yang tidak terduga serta masih terdapat masyarakat yang belum paham dalam pengurusan layanan yang dapat menghambat proses pelayanan. Untuk menangani hambatan yang ada, Kecamatan Lowokwaru sebaiknya membuat suatu inovasi-inovasi agar dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi.

English Abstract

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) is one of the service government agency to offer a service that devoted to efficiency administration services the community. This system is indicative of the administration a reform in public service become more efficient because in these services have implemented services in one place in handle by one area, namely the field of public services. The kind of research used in this research is the kind of research descriptive with a qualitative approach with research focus, that are: (1) The implementation of the reform administration in public service in sub-distric Lowokwaru which includes the form of reform, stage, evaluation index of community satisfaction, (2) Supporting factors and inhibiting factors. The research location is located in Malang City with research sites at Lowokwaru District on the grounds that the researchers took the location because currently at Lowokwaru District Office the public service held can be considered accountable in its implementation. This research uses interactive model data analysis from Miles, Huberman, and Saldana through four stages: data collection, data condensation, data display, and conclusions drawing / verifying. Based on the results of research on administrative reform performed show administrative reform done in district of Lowokwaru is said to be very effective because all service process done by 1 field that is in field of Public Service. Quality of Service performed by apparatus of Lowokwaru district in public service is good, because there are 12 service element from 14 which have IKM value <3.26. Human resources in Lowokwaru district in quantity decreased from 36 to 32, but in quality increased with the human reources educated from 1 to 5. However, the lack of facilities and infrastructure in Lowokwaru districts such as computer limitations, generator capacity increase, non-smoking space for breastfeeding mother. There is an unexpected incident and there are still people who have not understood the services that can hamper the service process. To handle any constraints, the distric Lowokwaru should make a innovation so can be minimize any constraints happened.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1007/051710449
Uncontrolled Keywords: reformasi administrasi, kantor kecamatan, pelayanan publik, PATEN
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Nov 2017 08:12
Last Modified: 25 Sep 2020 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5276
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item