Pengaruh Destination Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Museum Angkut Kota Batu

Redita, Rizky (2017) Pengaruh Destination Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Museum Angkut Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, baik wisata alam, wisata buatan, maupun wisata budaya. Salah satu wisata buatan yang ada di Kota Batu yaitu Museum Angkut. Museum Angkut memberikan harga tiket masuk yang tinggi namun masih mampu bersaing dengan semakin dikenal dan banyaknya wisatawan yang datang. Agar dapat mempertahankannya, ada beberapa faktor yang diperlukan misalnya Destination Image yang baik dari wisatawan dan Kualitas Pelayanan yang baik harus ditingkatkan yang tentu saja dapat mempengaruhi Kepuasan Wisatawan setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Destination Image (X1) dan Kualitas Pelayanan(X2) secara bersama-sama dan parsial terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Jenis penelitian yang digunakan ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 wisatawan domestik dengan usia minimal 17 tahun, yang berkunjung ke Museum Angkut Kota Batu untuk berwisata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis yaitu uji F (bersama-sama) dan uji t (parsial) dengan menggunakan software SPSS for windows versi 21,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Destination Image (X1) dan Kualitas Pelayanan(X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Nilai Signifikansi F sebesar 0,000 dimana nilai Sig. F 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak, dan hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dari variabel Destination Image (X1) dan Kualitas Pelayanan(X2) terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) dapat diterima. Selanjutnya, secara parsial variabel Destination Image (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) dan Kualitas Pelayanan(X2) berpengaruh tetapi tidak signifikan variabel terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Nilai Sig. t variabel Destination Image (X1) adalah 0,000 dimana Sig. t0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan hipotesis kedua diterima sedangkan variabel Kualitas Pelayanan(X2) adalah 0,260 dimana Sig. t0,000 < 0,05 menunjukkan H0 diterima dan hipotesis ketiga ditolak. Sementara Nilai R square sebesar 0,416 yang menunjukkan variabel Destination Image dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Wisatawan adalah sebesar 41,6%, sementara 58,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

English Abstract

Batu City is famous for it’s various tourist destinations, both nature tourism, artificial tourism, and cultural tourism. One of the artificial tourism in Batu City is Museum Angkut. Museum Angkut provides high ticket prices but still able to compete with the increasingly known and the number of tourists who come. In order to maintain it, there are several necessary factors such as good Destination Image from tourists and good Service Quality must be improved which of course can affect Tourists Satisfaction at any time. This study aims to determine the effect of Destination Image (X1) and Service Quality (X2) together and partially to Tourists Satisfaction (Y). This type of research used is explanatory research with quantitative approach. The sample in this research is as many as 113 domestic tourists with minimum age of 17 years, who visit Museum Angkut of Batu City for tour. The sampling technique used in this research is non probability sampling by purposive sampling. Methods of data collection using questionnaires and documents. Data analysis used is descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing that is F test (together) and t test (partial) using SPSS for windows version 21.00 software. The results of this study indicate that the variable Destination Image (X1) and Service Quality (X2) together significantly influence on Tourists Satisfaction (Y). The significance value F is 0.000 where the value of Sig. F 0,000 <0.05 indicates that H0 is rejected, and the first hypothesis that there is a joint influence of Destination Image (X1) variable and Service Quality (X2) on Tourist Satisfaction (Y) is acceptable. Furthermore, partially Destination Image (X1) variable has significant effect on Tourists Satisfaction (Y) and Service Quality (X2) variable influence but not significant to Tourist Satisfaction (Y). Sig. t value of Destination Imagevariable (X1) is 0,000 where Sig. t 0,000 <0.05 indicates H0 is rejected and the second hypothesis is accepted while the Service Quality (X2) variable is 0.260 where Sig. t 0,000 <0.05 indicates H0 is accepted and the third hypothesis is rejected. While value of R square is 0,416 which show Destination Image and Service Quality variable influence Tourism Satisfaction is 41,6%, while 58,4% other influenced by variable not examined in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1012/051710454
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Nov 2017 06:44
Last Modified: 05 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5263
[thumbnail of Redita, Rizky.pdf]
Preview
Text
Redita, Rizky.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item