Rachmayanti, Ferina (2017) Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pada Program Zona Air Minum Prima (Zamp) Pada Pdam Tirta Dharma). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Program Zona Air Minum Prima (ZAMP) merupakan program pengelolaan air bersih menjadi air minum. Pada saat ini di Indonesia terdapat tiga kota terpilih untuk menjadi pelaksana yaitu Malang, Medan dan Bogor. Program ZAMP telah pertama kali diluncurkan di Malang tahun 2004. Program diluncurkan guna memberikan inovasi pelayanan publik terkait pelayanan air yang mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air minum. Tujuan ialah mendeskripsikan, menganalisis serta mengevaluasi mengenai 1) Evaluasi Program Inovasi Pelayanan publik (studi pada Program ZAMP pada PDAM kota Malang). 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program ZAMP di PDAM kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah Malang sedangkan situs penelitiannya adalah Kantor PDAM Tirta Dharma. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model fenomenologi Creswell, 2015 yang terdiri dari pengorganiasasian, pembacaan, mendeskripsikan, mengklarifikasi data, menafsirkan, memvisualkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Evalusi Program ZAMP selaku bentuk riil dari kebijkan publik serta bentuk dari inovasi pelayanan publik oleh PDAM kota Malang dikatakan baik dari segi persiapan maupun pelaksanaan, secara garis besar sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori yang digunakan. Dukungan dari pihak swasta serta pemerintah dan adanya biaya, prinsip pelayanan, dan produk menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan program ZAMP. Namun pelaksanaan program ZAMP juga tidak terlepas dari adanya kekurangan, yaitu kurangnya jumlah personil tim monitoring, sehingga target sering tidak tercapai. Masih terdapat masyarakat yang belum dapat menerima bentuk inovasi pelayanan publik ini sehingga masih banyak mindset masyarakat yang enggan untuk menerima perubahan sehingga ketertarikan pelanggan akan air minum yang disediakan masih kurang. Saran yang dapat diberikan kepada PDAM Tirta Dharma Kota Malang adalah menambah jumlah tim monitoring, dan melakukan pengembangan teknologi komunikasi, penyediaan tes kit (alat tes ringan) untuk mempermudah masyarakat memeriksa kandungan air.
English Abstract
The Drinking Water Zone Prima (ZAMP) Program is a clean water management program for drinking water. Currently in Indonesia there are three cities selected to be implementers of Malang, Medan and Bogor. The ZAMP program was first launched in Malang in 2004. The launching program to provide good service. The purpose of this research is to describe, analyze and to 1) Evaluation of Public Service Innovation Program (study on ZAMP Program at PDAM Malang). 2) Supporting and inhibiting factors in the implementation of ZAMP program in PDAM Malang. This research uses descriptive research method with qualitative approach. The location of this research is the research site of PDAM Tirta Dharma Office. Data collection is done through interview, observation, and documentation. The data analysis technique uses Creswell's phenomenology model, 2015 which consists of organizing, reading, describing, clarifying data, interpreting, visualizing data. The results of this study indicate that the Evalution of ZAMP Program as the real form of public policy and the form of public service by PDAM Malang city which both in terms of preparation and implementation, in outline has been running well and in accordance with the theory used. Public and government support and cost, service and product principles are the supporting factors in the implementation of the ZAMP program. But the implementation of the ZAMP program is also inseparable from the lack, which is the number of monitoring team exercises, so the target is often not achieved. There are still people who have not been able to receive this form of public service so there are still many people mindset who are reluctant to accept the change so that the interest of the customers will be supplied drinking water is still lacking. Suggestions that can be given to PDAM Tirta Dharma Malang City is to increase the number of monitoring team, and to develop communication technology, provision of test equipment for the community.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1000/051710442 |
Uncontrolled Keywords: | Program Zona Air Minum Prima, Evaluasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 01:06 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5231 |
![]() |
Text
FERINA RACHMAYANTI.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |