Strategi Komunikasi Pemasaran Sayuran Organik Pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang

Rahmadani, Febbi (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Sayuran Organik Pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan Indonesia di era globalisasi ini sangatlah ketat dalam berbagai bidang dunia bisnis. Dalam setiap persaingan bisnis memerlukan strategi untuk memasuki pangsa pasar agar perusahaan mampu bertahan dan lebih baik dari pesaingnya. Perusahaan dituntut untuk dapat memikirkan sebuah cara agar produk yang mereka hasilkan dapat terjual di pasaran dan dihargai sebagai produk yang memiliki kualitas, mengingat tingginya persaingan antara perusahaan lain. Salah satu perusahaan yang memiliki persaingan bisnis yang ketat dalam hal memasarkan produknya yaitu persaingan bisnis dalam sektor pertanian yang merupakan salah satu sektor yang menyediakan kebutuhan manusia. Salah satu produk pertanian yang memiliki daya saing yang ketat dalam kegiatan pemasaran adalah produk pertanian organik, dimana produk pertanian organik yang banyak digemari oleh petani dan konsumen adalah sayuran organik. Untuk dapat mengatasi masalah persaingan dalam memasarkan dan mengkomunikasikan produk sayuran organik ini kepada masyarakat luas, perusahaan atau industrial yang bergerak dalam pertanian sayuran organik haruslah memikirkan sebuah strategi komunikasi pemasaran yang dapat menarik perhatian dan minat daripada konsumen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dalam memasarkan produk sayuran organik agar dapat menghadapi persaingan dalam mengisi pasar dan mencapai target pendapatan serta hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Metode penelitian strategi komunikasi pemasaran sayuran organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan Pimpinan dan Manager pemasaran CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dan observasi. Data yang diperoleh dijelaskan secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian antara lain strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm terlebih dahulu mengacu kepada tiga elemen pemasaran yaitu segmentation, targeting, dan positioning. Segmentation CV. Kurnia Kitri Ayu Farm berdasarkan atas karakteristik psikologi yaitu berdasarkan gaya hidup dan kelas sosial, dimana segmentation dari CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah masyarakat yang peduli akan hidup sehat dan pada umumnya merupakan masyarakat yang memiliki pendapatan menengah keatas, yang kedua berdasarkan karakteristik geografis yaitu masyarakat yang berdomisili didaerah perkotaan dan yang ketiga berdasarkan karakteristik demografis yaitu masyarakat berusia dewasa dan berjenis kelamin wanita dimana segmentasinya banyak ibuibu rumah tangga. Targeting CV. Kurnia Kitri Ayu Farm berdasarkan Undifferentiated Marketing yaitu perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen dan masuk ke dalam sebuah pasar dengan hanya satu penawaran, dimana targeting CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah supermarket atau ii swalayan yang ada di Kota-kota besar. Positioning CV. Kurnia Kitri Ayu Farm berdasarkan harga dan kualitas dengan menciptakan kesan/citra berkualitas tinggi dengan menekankan harga murah. Strategi komunikasi pemasaran sayuran organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah Sales Promotion, Personal Selling, dan Direct Marketing. Kegiatan komunikasi pemasaran Sales Promotion yang dilakukan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah dengan menggunakan jasa seorang sales, mengadakan pameran serta melakukan kegiatan komunikasi pemasaran sayuran organik dalam kegiatan undangan seminar/workshop. Kegiatan komunikasi pemasaran Personal Selling yang dilakukan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah melalui kegiatan Door to Door yang dilakukan langsung dikantor CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dan juga kegiatan penjualan langsung yang dilakukan oleh staf CV. Kurnia Kitri Ayu Farm di Lapangan Rampal Malang tiap hari Minggu pagi. Kegiatan komunikasi pemasaran Direct Marketing yang dilakukan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm merupakan kegiatan pendukung yang berupa kegiatan kerja sama yang dijalin dengan distributor, RSJ Porong, dan Dinas Pertanian yang hanya dilakukan melalui media telepon tanpa adanya kegiatan Face to Face. Selain itu kegiatan Direct Marketing yang digunakan adalah melakukan kegiatan komunikasi pemasaran melalui media sosial yaitu berupa web dan blog. Hambatan yang terjadi selama kegiatan komunikasi pemasaran sayuran organik CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah kesulitan dalam memasarkan produk sayuran organik dengan adanya lebel keorganikkan. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm terlebih dahulu mengacu kepada tiga hal yaitu Segmentasi berdasarkan psikologi, Targeting yang berdasarkan Undifferentiated Marketing, serta Positioning berdasarkan pada harga dna kualitas. Strategi komunikasi pemasaran sayuran organik yang digunakan adalah Sales Promotion (promosi penjualan), Personal Selling (penjualan pribadi), serta didukung oleh kegiatan Direct Marketing (penjualan langsung) yang dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan dari perusahaan, (2) Hambatan yang dihadapi oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dalam menjalankan kegiatan komunikasi pemasaran syauran organiknya adalah sulitnya untuk dapat memasuki pasar dengan adanya lebel keorganikkan. Saran yang dirumuskan berdasarkan hasil yang didapatkan adalah (1) Sebaiknya CV. Kurnia Kitri Ayu Farm lebih meningkatkan lagi strategi komunikasi pemasaran dari produk sayuran organik dengan lebih memperhatikan apa yang menjadi daya tarik dari masyarakat luas sehingga CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dapat meningkatkan lagi jumlah konsumen mereka baik itu konsumen dalam bentuk distributor-distributor atau konsumen seperti penggunaan media komunikasi pemasaran internet yang lebih gampang dan tidak membutuhkan waktu dan biaya yang besar. (2)Untuk dapat menghindari kendala dalam memasarakan produk sayuran organik dengan adanya label keorganikan yang tertera pada kemasan sayuran organik, melakukan konfirmasi terlebih dahulu bahwa produk yang akan dipasarkan menggunakan label keorganikan. (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat meneliti keefektivitasan strategi komunikasi pemasaran sayuran organik yang telah digunakan atau diterapkan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dengan melihat dari sisi konsumen maupun pelanggan yang berpendapatan tinggi dari CV. Kurnia Kitri Ayu Farm.

English Abstract

Indonesia's competition in this era of globalization is very cheap in various areas of the business world. In every business, competition requires a strategy in order to survive and better than competitors. Companies are required to be able to set up a way for their products to be sold in the market and additions as a quality product, given the high competition among other companies. One company that has a competing business in terms of marketing its products is business competition in the agricultural sector which is one of the sectors that provide human needs. One of the agricultural products that have a strict competitiveness in marketing activities is organic farming products, where organic agricultural products are much loved by farmers and consumers are organic vegetables. To be able to overcome the problem of competition in marketing and communicating these organic vegetable products to the public, companies or industries engaged in organic vegetable farming with marketing strategies that can attract attention and interest. This research is aimed at marketing strategy used by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm in marketing organic vegetable products in order to face the competition in meeting the market and target targets as well as obstacles that occur in the implementation of marketing communication strategy CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. The method of research marketing strategy of vegetable vegetables at CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is a qualitative descriptive research method. Data from interview result with Marketing Manager and Division CV. Kurnia Kitri Ayu Farm and observation. Data obtained qualitatively and. In the form of detailed descriptions and systematic. The results of research include marketing communication strategy used by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm first mastered the three segments of marketing that is segmentation, targeting, and positioning. CV segmentation. Segmentation CV. Kurnia Kitri Ayu Farm based on the characteristics of psychology that is based on lifestyle and social class, where segmentation of CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is a society that cares about healthy living and is generally a society with middle to upper income, the second is based on geographical characteristics of people who live in urban areas and the third is based on demographic characteristics of adult society and female sex where segmentation many Housewives. Targeting CV. Kurnia Kitri Ayu Farm based on Undifferentiated Marketing is a company founded to see the difference of segment and enter into a market with only one offer, where targeting CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is a supermarket or supermarket in the big cities. The position of CV Kurnia Kitri Ayu Farm based on price and quality with high impression quality with low price. The marketing strategy of organic vegetables marketing at CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is Sales Promotion, Personal Selling, and Direct Marketing. Marketing communication activities Sales Promotion conducted by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is to use the services of a salesman, organize an exhibition and conduct marketing activities of organic vegetable marketing in the iv seminar/workshop invitation. Personal Selling marketing communications activities conducted by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is through Door to Door activities conducted directly at the CV. Kurnia Kitri Ayu Farm and also direct selling activities conducted by CV staff. Kurnia Kitri Ayu Farm at Rampal Malang Square every Sunday morning. Direct Marketing communication activities conducted by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is a supporting activity in the form of cooperative activities that are woven with distributors, RSJ Porong, and Agriculture Department which are only done through the phone media without any Face to Face activities. In addition, Direct Marketing activities are used to conduct marketing communication activities through social media that is in the form of web and blog. Barriers that occur during the marketing activities of organic vegetables marketing CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is a difficulty in marketing organic vegetable products in the presence of inorganic furniture. Based on the results and discussion can be concluded that (1) marketing communication strategy undertaken by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm first refers to three things: Segmentation based on psychology, Targeting based on Undifferentiated Marketing, and Positioning based on price and quality. The marketing strategy of organic vegetable marketing is Sales Promotion (Personal Sales), Personal Selling (personal sales), and supported by Direct Marketing activities which can increase sales and revenue from the company, (2) Barriers faced by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm in carrying out its marketing activity of organic syauran marketing is difficult to be able to enter the market with the existence of inorganic lebel. Suggestions formulated based on the results obtained are (1) Should CV. Kurnia Kitri Ayu Farm further enhances the marketing communications strategy of organic vegetable products by paying more attention to what is the main attraction of the wider community so that CV. Kurnia Kitri Ayu Farm can increase again the number of their consumers either the consumer in the form of distributors or consumers such as the use of internet marketing communication media more easily and does not require time and great cost. (2) In order to avoid obstacles in marketing organic vegetable products in the presence of organic label listed on organic vegetable packaging, confirm first that the product to be marketed using a label of organic. (3) For the next researcher, it is expected to be able to examine the effectiveness of marketing strategy of organic vegetable marketing which has been used or applied by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm with a view from the consumer side and high-income customers from CV. Kurnia Kitri Ayu Farm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/436/051707665
Uncontrolled Keywords: Persaingan Bisnis, Strategi, Pemasaran, Sayuran Organik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:15
Last Modified: 27 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5142
[thumbnail of FEBBI RAHMADANI.pdf] Text
FEBBI RAHMADANI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item