Pengaruh Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Layanan Dengan Good Governance Dan Budaya Kerja (Studi Pada Rumah Sakit Di Sulawesi Tengah)

Hasanah, Ikhwatun (2017) Pengaruh Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Layanan Dengan Good Governance Dan Budaya Kerja (Studi Pada Rumah Sakit Di Sulawesi Tengah). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengendalian intern terhadap kinerja layanan dimoderasi oleh tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan budaya kerja pada rumah sakit di Sulawesi Tengah. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 28 rumah sakit di propinsi Sulawesi Tengah, sebanyak 134 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan survei langsung, dan menggunakan WarpPLS.5.0 untuk menguji pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern memiliki peran besar bagi terwujudnya kinerja layanan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa good governance merupakan bagian dari pengimplementasian pengendalian intern guna pencapaian kinerja layanan. Tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) menjadi penghubung antara pengendalian intern dengan kinerja layanan. Sebaliknya, budaya kerja memiliki peran yang kecil (lemah) antara pengendalian intern dan kinerja layanan. Sehingga, budaya kerja bukanlah unsur penghubung terwujudnya kinerja pelayanan.

English Abstract

The research aimed at analyzing the influence of internal control toward service performance that was moderated with good governance and working culture at hospital in Central Sulawesi. Samples used were 28 hospitals in Central Sulawesi, with 134 respondents. Data collection done with direct survey, by using WarpPLS.5.0 to test the influence among variables. The results showed that the internal control has great role for the service performance. The results also showed thatgood governance is part of internal control to reach service performance. Good governance become the connector between internal control with the service performance. In the contrary, working culture has weak role in the internal control and service performance. So working culture was not the connector for the service performance embodiment.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/HAS/p/2017/041708248
Uncontrolled Keywords: CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE CULTURE, PERFORMANCE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:16
Last Modified: 01 Nov 2020 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5087
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item