Iqbal, Achmad (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Modal Intelektualsebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap kinerja perusahaan di Indonesia dan menguji peran dari modal intelektual sebagai variabel moderasi yang dapat meningkatkan pengaruh CSR terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2015. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel pengamatan sebanyak 49 perusahaan. Hierarchical regression analysis digunakan untuk menguji pengaruh CSR terhadap kinerja dan menguji modal intelektual sebagai variabel moderasi yang dapat meningkatkan pengaruh CSR terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan Return on Asset (ROA). Artinya, semakin tinggi pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan maka dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa modal intelektual sebagai variabel moderasi terbukti secara empiris mampu meningkatkan pengaruh CSR terhadap kinerja perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan modal intelektual perusahaan termasuk human capital, relational capital, dan structural capital dapat meningkatkan pengaruh CSR terhadap kinerja perusahaan.
English Abstract
This study aims to examine the influence of corporate social responsibility (CSR) on corporate performance in Indonesia and examine the role of intellectual capital as a moderating variable that can increase the influence of CSR on corporate performance. This study uses a population of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the year 2013-2015. Determination of the sample using purposive sampling technique with the number of samples of observation is 49 companies. Hierarchical regression analysis is used to test the effect of CSR on performance and test intellectual capital as a moderating variable that can increase the influence of CSR on corporate performance. The results showed that CSR has an effect on company performance as measured by Return on Asset (ROA). That is, the higher CSR disclosures made company can improve the company's performance. The results of this study also shows that intellectual capital as a moderation variable is proven empirically able to increase the influence of CSR on company performance. These results indicate that the increase of intellectual capital of the company including human capital, relational capital, and structural capital can increase the influence of CSR on corporate performance.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.408/IQB/p/2017/041708250 |
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS, PERFORMANCE, INTELLECTUAL CAPITAL |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 654.408 Social Responsibility of Management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 06:57 |
Last Modified: | 25 Dec 2020 17:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5065 |
Actions (login required)
View Item |