Strategi Optimalisasi Pelayanan Jasa Transportasi Publik (Studi Pada Angkutan Khusus Bandara Soekarno Hatta Damri Jakarta)

Bonivia, Clara Shinta (2017) Strategi Optimalisasi Pelayanan Jasa Transportasi Publik (Studi Pada Angkutan Khusus Bandara Soekarno Hatta Damri Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bandara Internasional Soekarno Hatta yang berlokasi di Cengkareng Tangerang, merupakan bandara utama di Indonesia yang menjadi salah satu tempat singgah masyarakat untuk menuju ke wilayah DKI Jakarta dengan transportasi udara. Lokasi Bandara yang jauh dari pusat kota, menjadikan peran transportasi publik yang nyaman, aman, murah, dan mudah dijangkau sebagai moda transportasi lanjutan dari bandara menuju ke berbagai wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Moda transportasi lanjutan yang popular digunakan oleh masyarakat untuk menghubungkan antara wilayah DKI Jakarta dengan bandara Soekarno Hatta adalah angkutan bandara milik Perusahaan Umum Damri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi pelayanan jasa transportasi publik Angkutan Bandara Damri melalui pemenuhan Standar Pelayanan Minimal dan Prinsip Penyelenggaraan Pelayanan publik. Peneliti menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang dilengkapi dengan analisis Matriks SWOT yang menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang perusahaan untuk menghasilkan strategi bagi Unit Angkutan Bandara Damri dalam menyelenggarakan pelayanannya kepada pengguna jasa. Saran yang diberikan peneliti dalam strategi optimalisasi pelayanan jasa transportasi publik angkutan bandara damri yaitu, kepada Perusahaan Umum Damri khususnya Unit Angkutan Khusus Bandara Soekarno Hatta untuk kembali mengkaji poin-poin pada standar pelayanan minimal dan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yang belum dapat terpenuhi serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, selain itu diperlukan peningkatan pengawasan layanan pada bagian frontliner oleh atasan sebagai unit yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa.

English Abstract

Soekarno Hatta International Airport, located in Cengkareng Tangerang, is the main airport in Indonesia, which becomes one of the stops for people who want to go to area of Jakarta by plane. The airport location, which is far from the city center, makes the role of convenient, safe, inexpensive, and easy-to-reach public transportation to be important for the community as further mode of transportation from the airport to various areas in Jakarta and surrounding. Popular further mode of transportation used by people to connect DKI Jakarta and Soekarno Hatta airport is airport shuttles owned by Damri Public Company. This study aims to determine the strategy of optimization of public transport services of Damri Transport Airports through the fulfillment of Minimum Service Standards and Principles of Operation of Public Service. The researcher used type of qualitative research with descriptive approach and analytical methods of Miles, Huberman, and Saldana completed with an analysis of matrix SWOT to analyse the strengths, weaknesses, threats, and opportunities for the company to produce a strategy for Damri Unit Transport Airports in carrying out its service to the service users. The researcher given advice in optimization strategies of transportation services of Damri public transport airports to the Damri Public Company in particular to Damri Unit Transport Airports of Soekarno-Hatta to re-examine the points on minimum service standards and the principles of operation of public service, which have not been fulfilled, and to continuously improve the service quality to service users. However, it is necessary to increase oversight on the part of frontline services by the employer as the unit directly connects to service users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/451/051706117
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik, Transportasi Publik, Angkutan Massal berbasis jalan, Angkutan Khusus Bandara, Strategi, Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:53
Last Modified: 07 Oct 2020 11:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5062
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item