Pengawasan Ombudsman Perwakilan Jawa Timur Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik Di Kota Surabaya

Nirmasari, Herdyah Oktafia (2017) Pengawasan Ombudsman Perwakilan Jawa Timur Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik Di Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Jawa Timur pada penyelenggaraan pelayanan publik yang berada di Kota Surabaya. Praktik maladministrasi di Surabaya seperti pungutan liar, ketidakpastian waktu dan prosedur yang jelas merupakan jenis pengaduan masyarakat terhadap buruknya pelayanan publik yang diberikan oleh instansi penyelenggara. Menurut laporan kinerja Ombudsman Perwakilan Jawa Timur, Surabaya adalah kota dengan pengaduan tertinggi di Jawa Timur khususnya banyaknya pungutan liar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk pengawasan preventif dan represif. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ombudsman Perwakilan Jawa Timur melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di wilayah kota Surabaya dengan cara preventif dan represif. Pengawasan preventif oleh Ombudsman Perwakilan Jawa Timur adalah peningkatan kapasitas kelembagaan, sosialisasi, kerjasama, supervise dan penilaian kepatuhan dan pengembangan pelayanan publik. Pengawasan represif oleh Ombudsman Perwakilan Jawa Timur adalah penanganan pengaduan laporan masyarakat yang dilakukan melalui tahap penanganan laporan, investigasi, mediasi, ajudikasi khusus, rekomendasi dan monitoring. Pengawasan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di wilayah kota Surabaya.

English Abstract

This research is study about the supervision by East Java Representative Ombudsman in implementing public service in Surabaya. Maladministration practices in Surabaya such as illegal levies, lack of time and unclear procedures are types of public complaint against the poor public services provided by the government institutions. According to East Java Representative Ombudsman’s report, Surabaya is the city with the highest complaint rate in East Java, especially illegal levies. The theory used in this research is types of preventive and repressive supervision theory. This research uses descriptive qualitative method. The result of this research shows that East Java Representative Ombudsmansupervise the implementation of public services in the city of Surabaya by preventive and repressive means. Preventive supervision by East Java Representative Ombudsmanare capacity building, socialization, cooperation, supervision, and assessment of compliance. Repressive supervision by the East Java Representative Ombudsman is the handling of complaints of community reports carried out through report handling, investigation, mediation, special adjudication, recommendations and monitoring. Thosesupervision aim to improve public services in the city of Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/689/051707975
Uncontrolled Keywords: Maladministrasi, PelayananPublik, Pengawasan.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.8 Public administration of general forms of control > 352.88 Use of wacthdog and oversight agencies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Nov 2017 04:20
Last Modified: 19 Nov 2020 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4982
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item