Penyelenggaraan The Summer Olympic Rio Games 2016 sebagai Momentum Aktivitas Diplomasi Publik Brazil dalam Membangun Citra Positif Brazil sebagai Negara Destinasi Pariwisata Internasional”

Yusron, Claudia Rahmania (2017) Penyelenggaraan The Summer Olympic Rio Games 2016 sebagai Momentum Aktivitas Diplomasi Publik Brazil dalam Membangun Citra Positif Brazil sebagai Negara Destinasi Pariwisata Internasional”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diplomasi publik digunakan oleh suatu negara sebagai alat untuk mencapai kepentingan nasional yang mana tidak dapat dicapai melalui diplomasi tradisional. Akhir akhir ini, sport mega events seringkali digunakan oleh banyak negara sebagai sarana untuk melakukan diplomasi publik karena kemampuannya yang dapat menarik perhatian global yang dapat meningkatkan ketertarikan terhadap negara tuan rumah, sehingga dapat menjadi platform untuk meningkatkan citra negara tuan rumah serta untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan kepada komunitas internasional. Dalam hal ini, Brazil, memanfaatkan penghelatan Rio Olympic Games 2016 sebagai salah satu upaya diplomasi publiknya untuk meningkatkan citra positif Brazil sebagai negara destinasi pariwisata internasional yang merupakan tujuan dari kebijakan Aquarela Plan 2020. Sementara Brazil tengah mengalami banyak isu domestik yang dapat mengancam upaya pembangunan citra positif tersebut seperti tingkat kriminalitas yang tinggi, kemiskinan, kesenjangan sosial, kerusuhan politik hingga virus Zika yang merebak dapat berpotensi membentuk citra Brazil menjadi negatif. Oleh karena itu, melalui momentum Rio Olympic Games 2016, Brazil melakukan aktivitas diplomasi publiknya melalui tiga dimensi yakni Daily Communication, Strategic Communication, dan Development of Lasting Relationship. Namun penulis menemukan bahwa dimensi yang mendominasi dalam kasus ini adalah dimensi Daily Communication dan Strategic Communication.

English Abstract

Public diplomacy is used by a state as a tool to achieve national interests which can’t be achieved through traditional diplomacy. Lately, sport mega events are often used by many countries to practice their public diplomacy because of its ability to capture global attention and elevate popular interest to the host country, so it would provide a platform to raise the host country’s image and to project messages to the international community. In this case, Brazil, utilizing the 2016 Rio Olympic Games as one of its public diplomacy efforts to enhance the positive image of Brazil as an international tourism destination country which is the goal of Aquarela Plan 2020. While Brazil is suffering from many domestic issues that could threaten its effort in raising its profil positively such as high crime rates, poverty, social inequality, political unrest to the spread of Zika virus could potentially shape the image of Brazil to be negative. Therefore, through Rio Olympic Games 2016, Brazil practices its public diplomacy activities through three dimensions: Daily Communication, Strategic Communication, and Development of Lasting Relationship. However the author found that the dominating dimension in this case is the dimensions of Daily Communication and Strategic Communication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/706/051707991
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Publik, Brazil, Citra, Isu, Aquarela Plan 2020, Daily Communication, Strategic Communication, Development of Lasting Relationship
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:10
Last Modified: 13 Dec 2020 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4872
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item