Chandrika, Renanda Dwina (2017) Framing Strategies Yang Dilakukan Oleh Greenpeace Dalam Kampanye Melawan Royal Dutch Shell (Shell) Pada Tahun 2011-2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Wilayah Arktik merupakan wilayah yang sensitif dan rentan terkena dampak dari global warming. Dampak yang ditimbulkan tidak lain ialah terbukanya jalur pelayaran, dan eksplorasi minyak dan gas alam yang terkandung di dasar laut wilayah arktik, hal ini kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan minyak dan gas ternama yaitu Royal Dutch Shell (Shell), dengan cara membuat pernyataan bahwa “Shell is Arctic Ready” yang berarti bahwa korporasi tersebut siap melakukan pengeboran minyak dan gas di bawah laut wilayah Arktik. Greenpeace merupakan sebuah organisasi yang dinaungi oleh INGO bergerak dibidang pemberdayaan lingkungan melakukan sebuah perlawanan terhadap Shell dengan kampanyenya yang dilabeli dengan nama “Save the Arctic”. Kampanye “Save the Arctic” ini ternyata berhasil dalam mengatasi masalah eksplorasi minyak yang dilakukan oleh Shell. Oleh karena itu, tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji lebih lanjut mengenai strategi pembingkaian Greenpeace pada kampanyenya dalam memerangi Shell. Dalam penulisan ini, penulis juga menggunakan penelitian deskriptif untuk menjelaskan strategi yang digunakan oleh Greenpeace. Dan dengan metode yang penulis gunakan, penulis akan menjelaskan pula mengapa strategi ini merupakan strategi yang efektif.
English Abstract
The Arctic area was suspectively exposed by global warming. The global warming cause to open the cruise line and the exploration of gas and oil in the arctic sea. Those impact used by Royal Dutch Shell (Shell) with its claim “Shell is Arctic Ready” which means that Shell is ready to mining in the Arctic sea. Greenpeace as the international organization in environmental field, opposed the project by its campaign called “Save the Arctic”. In its campaign, Greenpeace was successfully overcome Shell’s exploration towards the Arctic Sea. In this research, the author aim to explore more about Greenpeace strategy on its campaign against Shell. And also this research would describe the effectivity of its strategy to win Shell’s exploration.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/659/O51708053 |
Uncontrolled Keywords: | Framing Strategies, Kampanye, Non Governmental Organization, Save the Arctic, Greenpeace, Royal Dutch Shell (Shell), Global Warming. |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 08:34 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4805 |
Text
Renanda Dwina Chandrika.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |