Silviana, Debora (2017) Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya Dalam Proses Negosiasi Bisnis (Studi Pada Startup Bisnis Manise Clothing). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Startup Bisnis Manise Clothing merupakan salah satu bisnis rintisan yang bergerak di bidang jasa konveksi, yang berada di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Dalam kegiatannya Startup Bisnis Manise Clothing sering berhadapan dengan pelanggan yang berasal dari luar negeri, terutama dengan pelanggan yang berasal dari Belanda. Startup Bisnis Manise Clothing memiliki reseller yang berasal dari Belanda, dengan tujuan untuk memperluas pasar dalam kancah internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pentingnya pemahaman lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis yang dilakukan oleh Startup Bisnis Manise Clothing. Penelitian ini juga menggambarkan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses negosiasi bisnis Startup Bisnis Manise Clothing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan triangulasi yang dilakukan kepada dua key informan, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/ verifikasi dan analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman lintas budaya yang dimiliki oleh dua orang key informan di Startup Bisnis Manise Clothing cukup baik, terutama mengenai budaya Belanda. Pemahaman lintas budaya yang baik mengenai Belanda dikarenakan kemauan Startup Bisnis Manise Clothing untuk mempelajari budaya melalui internet dan kemauannya untuk memahami perbedaan budaya yang ada.. Peran pemahaman lintas budaya terlihat dari cukup banyaknya pelanggan Startup Bisnis Manise Clothing yang berasal dari Negara lain yang menandakan bahwa Startup Bisnis Manise Clothing sudah melakukan proses pemahaman yang cukup baik, sehingga mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggannya. Hasil dari pemahaman lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis yang dilakukan oleh Startup Bisnis Manise Clothing yaitu pencapaian target sesuai yang diinginkan, dimana Startup Bisnis Manise Clothing menginginkan produk Manise Clothing dikenal oleh banyak Negara. Selain itu Startup Bisnis Manise Clothing juga mengalami kenaikkan yang tinggi dalam omset. Tidak hanya itu saja, Startup Bisnis Manise Clothing juga memiliki pengalaman-pengalaman baru yang memberikan ilmu dan pengetahuan yang lebih lagi dalam bisnis internasional.
English Abstract
Manise Clothing is a startup company which have a speciality in clothing line Malang, East Java, Indonesia. In their activity Manise Clothing often to negotiate with foreign customer, especially with Nederlands. Manise Clothing has a reseller in Nederlands to make the product go internasional and expand the sales going to worldwide. The objective of this study aim to the importance of cross-cultural understanding in business negotiation process of Manise Clothing. It’s also assess the supporting and constraint factor of the negotiating process. The method used in this research is a descriptive study with a qualitative approach. The data was collected by triangulated interview on two key informan, by observation, and documentation. These data are analysed by data reducing, serving, and summarizing/verifying. The result of this study indicated that Manise Clothing have good understanding of cross-cultural in business negotiation process, especially for Nederlands culture. The good understanding is because of strong desire from Manise Clothing to learn about the culture from browsing and understanding about why every culture is different. And it’s also because Manise Clothing have a reseller in Holand, so He make Manise Clothing so easy to doing business negotiation. The result of cross-cultural understanding in business negotiation is reaching the target as good as the Manise Clothing goals, that is being famous in every country. In other side, Manise Clothing have increases of they turnover and profit and they found new experience which give them more knowledge and understanding in international business.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/460/051706203 |
Uncontrolled Keywords: | Negosiasi Bisnis, Lintas Budaya, Startup Bisnis, Bisnis Internasional |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 07:02 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4395 |
Actions (login required)
View Item |