Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Susu “DAU” Dengan Model Kano (Studi Kasus di KUD “DAU” Sengkaling Malang)

Dewa, Dimas Esa (2017) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Susu “DAU” Dengan Model Kano (Studi Kasus di KUD “DAU” Sengkaling Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan yang terjadi dalam kebutuhan minuman sangat berhubungan dengan perubahan industri minuman. Dalam perkembangannya saat ini kebutuhan minuman dengan berbagai bentuk dan rasa telah dijadikan sebagai sarana usaha untuk mencari penghasilan. Koperasi Unit Desa (KUD) “DAU” ikut ambil bagian dalam bisnis minuman susu yang perkembangannya cukup pesat di kota Malang. Koperasi Unit Desa (KUD) “DAU” merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi susu segar dan susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi di KUD “DAU” ada lima macam rasa yaitu rasa coklat, rasa strawberry, rasa mocca, rasa melon, dan rasa durian. KUD “DAU” mampu memproduksi susu pasteurisasi kurang lebih 3.000 cup/hari. Pemahaman atas kepuasan pelanggan pada akhirnya akan dapat memenuhi ekspetasi konsumen yang langsung mempengaruhi kinerja penjualan. Oleh karena itu, perlu adanya pengukuran dalam rangka melakukan penyesuaian terhadap karakteristik konsumsi orang Malang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut produk dan faktor apa yang perlu untuk dilakukan perbaikan beserta masukan dari konsumen untuk KUD “DAU” dalam upaya untuk meningkatkan daya beli. Model Kano adalah model yang dapat mengklasifikasikan tiap-tiap atribut dari produk berdasarkan pengamatan konsumen dan akibatnya berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Model Kano merupakan suatu model yang bertujuan mengkategorikan atribut–atribut dari produk atau jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan. Hasil kategori yang diperoleh dari tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan metode kano adalah kategori attractive, kategori indifferent, kategori one dimensional. Nilai IBT yang tertinggi dari semua atribut KUD “DAU” yaitu atribut informasi kehalalan produk dengan nilai IBT 0,67. Atribut tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasab konsumen. Atribut yang harus ada pada KUD “DAU” dan harus diperbaiki adalah atribut tentang informasi kehalalan produk. Nilai IWT dari atribut ini yaitu -0,66, dengan adanya atribut ini tentunya produk akan disukai oleh para konsumennya.

English Abstract

Changes that occur in the needs of beverages are closely related to changes in the beverage industry. In its current development needs of beverages with various forms and flavors have been used as a means of business to earn income. Village Unit Cooperative (KUD) "DAU" took part in milk beverage business which is quite rapid development in Malang city. Village Unit Cooperative (KUD) "DAU" is one of the companies that produce fresh milk and pasteurized milk. Pasteurized milk in KUD "DAU" there are five kinds of flavors that are chocolate, strawberry flavor, mocca flavor, melon flavor, and taste of durian. KUD "DAU" is capable of producing pasteurized milk approximately 3,000 cups / day. Understanding of customer satisfaction will eventually be able to meet consumer expectations that directly affect sales performance. Therefore, the need for measurement in order to make adjustments to the characteristics of Malang people's consumption. The purpose of this study is to analyze consumer preferences on product attributes and what factors need to be improved and input from consumers to KUD "DAU" in an effort to increase purchasing power. Kano model is a model that can classify each attribute of the product based on consumer observation and consequently affect the customer satisfaction. Kano model is a model that aims to categorize the attributes of a product or service based on how well the product or service is able to satisfy customer needs. The categories obtained from the level of customer satisfaction by using the canoe method is the category of attractive, indifferent category, one dimensional category. The highest IBT value of all attributes of KUD "DAU" is attribute of halal product information with value of IBT 0,67. The attributes that must be present in the "DAU" KUD and should be fixed are attributes of product halal information. IWT value of this attribute is -0.66, with this attribute of course the product will be favored by its customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/581/051710038
Uncontrolled Keywords: Susu, Preferensi Konsumen, Model Kano, IBT dan IWT.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:40
Last Modified: 03 Dec 2021 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4387
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Actions (login required)

View Item View Item