Penerapan Layanan Perpustakaan Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 7495:2009 Dalam Perspektif Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)

Azhar, Zulfa Lutffia (2017) Penerapan Layanan Perpustakaan Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 7495:2009 Dalam Perspektif Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kepada masyarakat sudah menjadi hal yang sangat penting bagi suatu organisasi atau instansi daerah. Perpustakaan sebagai ruang publik dituntut pula untuk menyelenggarakan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang memenuhi standar. Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang adalah salah satu yang menerapkan pelayanan berdasarkan standar nasional perpustakaan yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI) 7495:2009. SNI 7495:2009 merupakan standar nasional di Indonesia yang dipakai untuk perpustakaan umum kabupaten/kota. Namun dalam praktiknya, pelayanan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsisp Daerah Kota Malang masih mendapat banyak keluhan dari pemustaka. Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut mengenai pelayanan yang ada pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa bagaimana penerapan pelayanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Apakah pelayanan di perpustakaan sudah memenuhi standar baik dari standar pelayanan publik maupun dari SNI 7495:2009. Standar tersebut terkait dengan prosedur pelayanan, biaya pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan, dan kompetensi sumber daya manusianya. Serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat yang menyebabkan tidak tercapainya pelayanan secara maksimal yang sesuai standar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa sudah memenuhi standar seperti sudah menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan mudah dipahami, waktu penyelesaian pelayanan yang cepat dan efisien. Tetapi ada beberapa hal yang belum memenuhi standar antara lain masih ada biaya yang harus dikeluarkan pemustaka, koleksi kurang terbaharui dan tidak lengkap, sarana dan prasarana yang kurang memenuhi kebutuhan pemustaka, serta sumber daya manusia (SDM) yang kurang memahami tugas dan jumlah SDM tidak ideal sesuai SNI 7495:2009.

English Abstract

Service to the society has become a very important point for an organization or a local institution. Library as a public space is also required to provide maximum service to the society. Good service is a service that meets the standards. Malang City Public Library and Archives is one that implements services based on the national standard of library that is Standar Nasional Indonesia (SNI) 7495: 2009. SNI 7495: 2009 is a national standard in Indonesia that is used for district public libraries. But, practically, the service at Malang City Public Library and Archives still get many complaints from the users. Therefore, it is needed to be studied and observed further about the service at the Malang City Public Library and Archives. The purpose of this study is to know, to describe, and to analyze the implementation of library services at the Malang City Public Library and Archives. It is necessary to know whether the service in the library already meets the standards of both public service standard and SNI 7495: 2009. These standards are related to service procedures, service costs, service completion times, service products, service facilities and infrastructure, and the competence of its human resources, and to describe the obstacles factors that cause the inadequate service according to the standard. This research is descriptive that using qualitative approach. The methods in collecting data are observation, interviews, and documentation. The results of this research is conclude that some services at Malang City Public Library and Archives already have met some standards. Its Standard Operating Procedures (SOP) is clear and easy to understand, the completion time of service is fast and efficient. But there are some points that have not met the standards, such like cost that must be paid by the users, the collection is out of date and incomplete, the facilities and infrastructures that do not meet the needs of the users, the human resources do not understand well about the task, and the numbers of the human resources is not ideal according to SNI 7495: 2009.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/972/051710414
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Umum, SNI 7495:2009
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.7 Public administration of culture and related activities > 353.73 Public libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:27
Last Modified: 13 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4355
[thumbnail of Zulfa Luthfia Azhar.pdf] Text
Zulfa Luthfia Azhar.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item